Pocil
POLISI CILIK: Sebanyak 21 anggota Polisi Cilik (Pocil) dapatkan pembinaan dari unit Binmas Polsek Babelan, Kamis (4/6/2015). Foto: Indra Gunawan/SUARA BEKASI

SUARA BEKASI, Babelan: Sebanyak 21 anggota Polisi Cilik (Pocil) yang terdiri dari siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) yang berada di wilayah hukum Kecamatan Babelan, mendapatkan pembinaan dari unit Binmas Polsek Babelan, Kamis (4/6/2015).

Demikian diutarakan Kepala Seksi (Kasi) Humas Polsek Babelan, Brigadir Anwar Fadillah. Ia mengatakan, program Polisi Cilik bertujuan untuk membentuk karakter kedisiplinan diri pribadi dalam menjalanakan aktifitas sehari-hari.

“Kegiatan Polisi Cilik menanamkan bentuk pembinaan kesadaran hukum berlalu lintas serta menanamkan mental kedisiplinan kepribadian sejak dini terhadap anak-anak, sehingga terwujudkan keamanan dan ketertiban di daerah ini,” ujarnya kepada wartawan, di Babelan, Kamis (4/6/2015).

Dijelaskannya, pembinaan karakter tertib berlalu lintas harus dilakukan sejak usia dini, sehingga setelah dewasa mereka sudah mengerti tentang tertib berlalu lintas dan tertanam pada anak-anak.

Masih kata Anwar, seleksi Pocil ini diikuti oleh tingkat Sekolah Dasar (SD) sebanyak 21 siswa yang telah direkrut oleh Rayon Polsek Babelan.

Mereka yang mengikuti seleksi tersebut tidak hanya berprestasi di sekolah, tetapi juga harus memiliki wawasan yang luas.

Materi Polisi Cilik, sambung Anwar, adalah meliputi peraturan baris berbaris (PBB), perbentuk formasi (koreografi dan senam lalu lintas), kecakapan berbaris, variasi akurasi gerak, kekompakan, penghormatan dan pengetahuan umum kepolisian.

Terpisah, salah seorang guru SD, Fadli, mengatakan sangat mendukung dan menyambut baik pelaksanaan program Polisi Cilik (Pocil) untuk pendidikan karakter pelajar sekolah dasar.

“Program Polisi Cilik adalah bagian untuk mendidik serta mendukung Pendidikan Kewarga Negaraan (PKN) yang telah diajakan di sekolah sebelumnya,” ungkapnya. [GUN]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here