Wisata Alam Paniisan Proponcol, Rawa Gebang yang terletak di Desa Jati Baru, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Foto: Istimewa.

SUARABEKASI.ID, Cikarang Timur: Potensi sektor pariwisata yang mengusung konsep alam di wilayah Kabupaten Bekasi Jawa Barat (Jabar) terus menggeliat.

Seperti Wisata Alam Paniisan Proponcol, Rawa Gebang yang terletak di Desa Jati Baru, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Wisata Paniisan ini dikelola dan digarap langsung oleh bocah asli Desa Jati Baru, Cikarang Timur, Aris Sadikin Asnawi.

Aris mengatakan, tujuan mendirikan destinasi wisata alam dengan konsep wisata sawah adalah tak lain ingin memberdayakan perekonomian warga dan membangun Jati Baru lebih maju.

“Destinasi wisata yang saya bangun menggunakan lahan pribadi dengan luas mencapai sekitar 1 hektar,” kata Aria.

Menurut pria yang juga bekerja sebagai ASN Pemerintah Kabupaten Bekasi ini, destinasi wisata yang di bangun di lahan seluas 1 hektar ini nantinya mengusung konsep Wisata Sawah. Meski sekarang masih dalam tahap on progres, dimana prosesnya terus berjalan dan saat ini sudah sekitar 30 persen yang terbangun.

“Saya membangun destinasi wisata ini pakai dana dan lahan pribadi, yang mana saat ini baru progres 30 persen, pokoknya kekurangan 70 Persennya diharapkan sudah selesai di akhir Tahun 2020,” kata dia.

Baca juga: Bang Haji Eka Ngajak Warga Bekasi Kunjungi Destinasi Wisata Lokal

Konsep Destinasi Wisata sawah yang diusung ini, papar dia nanti dilengkapi dengan edukasi bercocok tanam dan kolam benih ikan. Ia mengaku sangat terinspirasi dengan objek wisata yang sering ditonton di sebuah chanel Youtube yang menyajikan beragam destinasi alam.

“Baru baru ini kan ada yang baru itu yang lagi hangat seperti di jawa tengah tepatnya magelang, yang mana konsepnya sama apa yang mau saya gagas yakni wisata sawah. Jadi, dari situlah lahir sebuah inspirasi untuk membangun dan mendirikan wisata alam berkonsep Wisata Sawah,” imbuhnya.

Dirinya berharap, ide serta gagasan membangun destinasi wisata alam ‘Wisata Sawah’ dapat di dukung penuh dari anggota DPRD khususnya dapil VI Cikarang Utara-Cikarang Timur-Karang Bahagia, serta Pemerintahan Desa setempat, BPD, Karang Taruna agar jati baru makin berkembang.

“Dengan adanya dukungan yang diberikan, tentu sangat diharapkan bisa membangkitkan semangat bagi desa lainnya untuk membangun destinasi wisata,” kata Aris. [SAM/bekasikab]

Tinggalkan Balasan