Dalam aksi World Clean Up Day, DLH Kabupaten Bekasi menurunkan alat berat excavator untuk mengeruk sampah di Gerbang Kali Cikarang Jati dan diangkut oleh armada dump truck ke tempat pembuangan sampah, Sabtu (19/9/2020). Foto: Humaspro.

SUARABEKASI.ID, Cikarang Barat: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar kegiatan aksi Hari Bersih-Bersih Sedunia atau World Clean Up Day (WCD) yang berlangsung di Kelurahan Telaga Asih, Kecamatan Cikarang Barat, Sabtu (19/9/2020).

Kegiatan tersebut juga didukung dengan Surat Edaran Bupati Bekasi Nomor: 660.1/SE-73/DLH tentang Hari Peduli Sampah Nasional Tingkat Kabupaten Bekasi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Peno Suyatno mengatakan aksi World Clean up Day (WCD) merupakan salah satu gerakan sosial global di seluruh dunia dengan menggerakkan seluruh elemen masyarakat, pemerintah, dan swasta yang bertujuan untuk meningkatkan dan menjaga kebersihan lingkungan.

“Tentunya dalam hal ini kita harus bersama-sama dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat, terutama di wilayah Kabupaten Bekasi,” ujar Peno kepada wartawan.

Baca juga: Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, DLH Ajak Bebersih Lingkungan

Ia mengatakan, dengan adanya aksi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungannya.

Tak hanya itu, masyarakat diharapkan dapat menjadikan aksi tersebut sebagai kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat mewujudkan Bekasi dua kali tambah baik.

“Mari kita gotong-royong dengan dimulai dari pilah sampah yang dimulai dari rumah sampai dengan lingkungan sekitar,” katanya.

Ia mengatakan, gerakan aksi bersih sampah sedunia ini diikuti semua unsur yang peduli terhadap lingkungan. Seperti perangkat daerah terkait, Lurah, Satgas Citarum, Save Kali Cikarang, Jangkar Ecovillage, WERS, Karang Taruna, BERSEKA, dan LPPM Pelita Bangsa.

Baca juga: Wow! Dalam Sehari DLH Bekasi Angkat 48 Ton Sampah Kali Cikarang

Ia menargetkan, untuk Gerbang Kali Cikarang Jati diperkirakan menyediakan 15 armada dump truck untuk mengangkut langsung sampah dan membuangnya di tempat pembuangan sampah.

“Saya berharap kesadaran menjaga dan mencintai lingkungan juga ikut terbentuk pada aksi bersih-bersih ini, khususnya masyarakat Kabupaten Bekasi,” pungkasnya. [RYN]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here