Gubernur Jabar Ridwan Kamil memukul bedug pertanda resmi dibuka Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-36 Tingkat Jabar Tahun 2020 yang bertempat di Kabupaten Subang, Jumat (04/09/2020) malam. Foto: Humas Jabar.

SUARABEKASI.ID, Subang: Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) Ke-36 secara resmi dibuka oleh Gubernur Ridwan Kamil bersama jajaran Forkopimda Jabar dan Kementrian Agama Kanwil Jabar, di halaman Kantor Bupati Subang, Jumat (04/09/2020) malam.

Dengan tema “Mewujudkan Generasi Qur’ani Menuju Jabar Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi, Ridwan Kamil berharap MTQ ini dapat melahirkan generasi yang berprestasi dan berada di jalan illahi.

“Mari lahirkan generasi illahi melalui generasi Qur’ani”, tuturnya.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menjelaskan, pada MTQ ke-36 ini, terdapat tujuh cabang yang dilombakan yaitu Tilawah (seni Baca al-Qur’an), Tahfizh (Hafalan), Tafsir (B. Arab, B. Indonesia dan B. Inggris), Syarhil Qur’an (Pidato), Fahmil Qur’an (Cerdas Cermat Seputar isi Kandungan AI-Qur’an), Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, dan Kaligrafi (seni menulis ayat AI-Qur’an).

Sedangkan, jumlah peserta MTQ sebanyak 1.137 orang, terdiri dari peserta putra 576 orang dan peserta putri 561 orang.

Baca juga: 54 Kafilah Kabupaten Bekasi Siap Ukir Prestasi di MTQ Ke-36 Tingkat Jabar

Kang Kamil berharap Jawa Barat dapat mendapatkan juara MTQ tingkat Nasional ke XXVIII 2020, di Sikabu, Kabupaten Padang Pariaman pada Oktober mendatang.

Kang Emil juga mengatakan MTQ tetap harus berjalan dengan lancar meskipun di tengah Covid-19, dengan menggunakan protokol kesehatan.

Lebih lanjut Ridwan Kamil juga menyampaikan Jawa Barat harus lebih terjaga dari Covid-19.

“Marilah kita tetap berprestasi dalam keterbatasan dan kesederhanaan dengan menggunakan protokol kesehatan 3 M, yakni Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak,” pungkasnya.

Acara pembukaan MTQ ini dihadiri oleh 120 orang yang terdiri dari perwakilan 27 kota/kabupaten, Gubernur dan Wakil Gubernur serta Forkopimda seperti Kapolda, Kajati, dan Pangda.

Kabupaten Bekasi sendiri pada perhelatan MTQ kali ini mengirimkan peserta sebanyak 54 Kafilah. [WIS/rilis]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here