LATIHAN EVAKUASI
LATIHAN EVAKUASI: KBO Shabara Polresta Bekasi, Ipda Rusbrata EP, saat pelatihan evakuasi tengah menjelaskan kepada tim SAR Polsek Babelan tentang tatacara penggunaan properti pendukung pelaksanaan SAR. FOTO: HERRY ZAINAL KHUSNI/SUARA BEKASI

SUARA BEKASI, Babelan: Memasuki musim hujan dan antisipasi banjir di wilayah Kabupaten Bekasi, jajaran Polsek Babelan yang tergabung dalam tim search and rescue (SAR), gelar pelatihan pengevakuasian yang berlokasi di Danau ISPI Mutiara Gading City, Desa Babelan Kota, Kecamatan Babelan, Selasa (20/01).

“Jajaran Polsek Babelan mengadakan pelatihan ini guna mengantisipasi musim penghujan, lantaran wilayah Babelan rawan banjir,” ujar Kasi Humas Polsek Babelan, Brigadir Anwar Fadillah, saat berbincang dengan Suara Bekasi, di ruang  kerjanya, Selasa (20/01).

Diutarakannya, pelatihan evakuasi sebagai bagian persiapan memasuki musim penghujan dan antisipasi banjir di wilayah Kabupaten Bekasi bagian utara. Selain itu, kata dia, pelatihan juga untuk memelihara kemampuan serta  keterampilan tim SAR Polsek Babelan demi memperoleh prestasi yang handal.

Lebih jauh Anwar Fadillah menjelaskan, pelatihan pendidikan SAR diikuti oleh 30 dari 50 personil jajaran Polsek Babelan dengan dilengkapi fasilitas yang memadai.

Fasilitas tersebut, sambung dia, diantaranya dua unit perahu karet, pelampung dan alat-alat pendukung lainnya.

“Tim terdiri dari 30 anggota Polsek Babelan, dengan didukung fasilitas memadai,” jelasnya.

Masih menurut Anwar Fadillah, pelatihan yang dilakukan meliputi SAR Mission Coordinator (SMC), yakni kemampuan perencanaan dan pengendalian operasi. Pendidikan rescue tentang kemampuan pertolongan.

Pendidikan instruktur SAR dan latihan Gladi Pos Komando (Gladi Posko) tentang melatih prosedur tetap atau petunjuk pelaksanaan operasi SAR, dan melatih mekanisme staf dengan simulasi skenario latihan.

“Selain itu ada juga pelatihan perencanaan dan pengendalian, pencarian, pertolongan, Penanggulangan Penderita Gawat Darurat (PPGD) serta Evakuasi,” terangnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, KBO Shabara Polresta Bekasi, Ipda Rusbrata EP, saat pelatihan tengah menjelaskan kepada tim SAR Polsek Babelan tentang tatacara penggunaan properti pendukung pelaksanaan SAR.

Seperti  penggunaan perahu karet dan teknik-teknik pendayungan yang aman serta  tidak berbahaya, sehingga dapat melakukan penyelamatan atau evakuasi korban dengan baik. [HER]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here