Rapat persiapan antisipasi banjir. Ist/Suara Bekasi Online
Rapat persiapan antisipasi banjir. Ist/Suara Bekasi Online

SUARA BEKASI ONLINE, Cikarang Pusat: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi tengah mencanangkan Pekan Gotong Royong Bekasi Bebas Banjir. Hal itu diutarakan Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja dalam Rapat Lanjutan Antisipasi Pencegahan Banjir yang dilakukan bersama seluruh Forkopimda Kabupaten Bekasi di Sakura Hotel, Cikarang Pusat, Rabu (4/11).

“Kemarin saya sudah perintahkan para Camat untuk meminimalisir banjir. Tentu saja, gerakan ini harapannya dapat mengurangi. Dan juga kita menaruh di posisi-posisi yang rawan banjir, mungkin peralatan dan yang lainnya. Semua kekuatan yang dimiliki oleh Pemda terkait pengantisipasian banjir ini akan kita kerahkan,” ungkap Bupati.

Bupati Bekasi juga telah memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup untuk membuat jaring disetiap batas wilayah. Dengan jejaring yang lebih kokoh daripada sebelumnya dan melakukan komunikasi dengan Pemerintah di wilayah perbatasan.

“Jangan nantinya kita dapat limpahan sampah dari wilayah lain. Ini menjadi beban bersama, wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi, ini barangkali akan kita buat komunikasi dengan kota. Kerja bersama, bersama bekerja untuk masing membersihkan wilayahnya,” terangnya.

Eka juga mengatakan, telah memetakan wilayahnya yang rawan bencana banjir. Dan juga meminta dinas terkait untuk membuat teknis secara terperinci terkait kegiatan tersebut.

“Saya berharap, gerakan ini masif dan semua lapisan masyarakat dapat terlibat. Termasuk mohon dukungannya dari Muspida untuk menurunkan anggotanya,” pintanya.

Mengenai dengan bangunan liar yang ada di bantaran sungai, Bupati menuturkan akan melakukan pelebaran dibantaran sungai. Serta, akan membentuk Satuan Tugas Penegakkan Hukum Lingkungan Hidup (Satgas Gakkum LH) bersamaan dengan pencanangan Kabupaten Bekasi bebas sampah plastik.

“Kita sudah coba anggarkan untuk pekerjaan pelebaran sungai, jadi bukan lagi normalisasi. Serta membentuk Satgas Gakkum LH sekalian kita akan bentuk dan kita kukuhkan Satgas Lingkungan Hidup bersamaan dengan pencanangan Kabupaten Bekasi Bebas Sampah Plastik. Karena Sampah Plastik memberikan kontribusi besar bagi banjirnya Kabupaten Bekasi,” pungkasnya. [RYN]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here