Sekretaris Daerah, Sekda, Kabupaten Bekasi, H Muhyiddin, SUARA BEKASI
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, H. Muhyiddin. FOTO: WISNU WIRIAN/SUARA BEKASI

SUARA BEKASI, Cikarang Pusat: Untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Bekasi, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi pada 2016 mendatang, memastikan membangun dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di dua wilayah berbeda, yakni di Kecamatan Cabangbungin dan Kecamatan Cibarusah.

“Ya kita (Pemda Bekasi, red) sudah merencanakan pada tahun 2016, dua RSUD akan dibangun di dua wilayah kecamatan berbeda di Cabangbungin dan juga Cibarusah. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” terang Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Muhyiddin, saat ditemui Suara Bekasi, di ruang kerjanya, Kamis (2/4).

Muhyidin berharap, pada 2017 mendatang dua RSUD di dua wilayah berbeda itu sudah beroperasi, walaupun secara bertahap dari kelas C hingga berlanjut sesuai tahapan kebutuhan pelayanan, sehingga peningkatan status klasifikasi rumah sakit sesuai ketentuan.

“Kalau DED-nya sudah ada, bahkan lahan untuk RSUD di Cabangbungin letaknya di Kampung Garon. Sehingga lokasi itu bisa terjangkau oleh masyarakat di lima kecamatan sekaligus yaitu Cabangbungin, Muaragembong, Sukawangi, Sukakarya maupun Sukatani,” bebernya.

Sedangkan rencana pembangunan RSUD di Cibarusah, Muhyiddin mengatakan berada di lokasi Puskesmas Cibarusah, yang sekaligus statusnya ditingkatkan menjadi tipe RSUD.

Selain itu, katanya, lokasi lahannya dianggap sangat layak untuk ditingkatkan statusnya dari Pukesmas menjadi RSUD.

“Kalau di Cibarusah peningkatan status Puskesmas jadi RSUD, karena lahannya juga memungkinkan untuk dijadikan tipe RSUD,” terangnya.

Muhyiddin berharap, Pemda Bekasi bisa kembali membangun RSUD di wilayah Kecamatan Babelan. Sehingga masyarakat di Kecamatan Tambun Selatan, Babelan dan Tarumajaya bisa terlayani di lokasi tersebut. [DIK]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here