Yakub
Yakub (29), Calon Kepala Desa Hurip Jaya Kecamatan Babelan. FOTO: Herry Zainul Khusni/SUARA BEKASI

SUARA BEKASI, Babelan: Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang bakal dilaksanakan oleh sembilan desa di Kabupaten Bekasi pertengahan Mei 2015 mendatang, tampaknya akan diramaikan oleh orang-orang muda yang memiliki potensi, dedikasi dan loyalitas tinggi untuk bersama membangun desanya.

Sebut saja Yakub (29), anak dari HM. Marjukih (alm) Kades Hurip Jaya Kecamatan Babelan yang belum lama meninggal dunia lantaran sakit.

Sosok muda, cerdas dan berani ini terpanggil untuk mencalonkan diri menjadi Kepala Desa Hurip Jaya melanjutkan kepemimpinan ayahnya yang baru menjabat dua tahun sebagai Kepala Desa Hurip Jaya.

Ditemui Suara Bekasi di kediamannya, kemarin, Yakub menuturkan bahwa dirinya awalnya tidak berniat untuk maju sebagai calon Kepala Desa Hurip Jaya. Namun, kata dia, dorongan masyarakat setempat agar dia maju untuk melanjutkan kepemimpinan almarhum ayahnya begitu kuat.

Masyarakat Desa Hurip Jaya menaruh harapan besar kepada dirinya untuk terus memperjuangkan kehidupan dan kesejahteraan sebagaimana yang telah dilakukan oleh almarhum.

Menurut Yakub, dirinya hanya ingin bekerja untuk memakmurkan bumi Hurip Jaya, didasari rasa ikhlas mengabdi untuk kepentingan masyarakat.

“Saya berterima kasih kepada masyarakat Hurip Jaya yang sudah menaruh kepercayaan kepada saya. Saya menyadari masih banyak kekurangan sebagai calon pemimpin Desa Hurip Jaya. Walaupun itu sulit, namun saya berusaha keras untuk memperbaiki dan memajukan Desa Hurip Jaya semaksimal mungkin,” tutur Yakub.

Yakub mengakui, untuk menjadi seorang pemimpin dan sosok pelayan masyarakat dibutuhkan kesabaran, kesungguhan dan keikhlasan. Jika niat menjadi pemimpin hanya untuk mencari kepopuleran semata, menurutnya itu perbuatan yang salah dan tidak terpuji.

“Kalau nyalon Kades untuk cari ketenaran, hal itu jelas akan menjadi beban dan yang pasti masyarakat yang akan dipimpinnya pun menjadi sengsara,” ujarnya.

Menurutnya, pemimpin sejati itu tidak banyak janji, tapi bukti kerja nyata yang diinginkan masyarakat ke depan.

“Ya, sosok yang diinginkan masyarakat adalah pemimpin yang bisa membaur dan tidak ada jarak antara seorang pemimpin dengan masyarakatnya,” tukas Yakub.

Yakub berharap, mudah-mudahan masyarakat Hurip Jaya dapat memberikan dukungan kepada dirinya, sebagaimana mereka mendukung orang tuanya saat pencalonan dua tahun yang lalu.

Di sela-sela kesibukannya, Yakub membantu memberikan kontribusi kepada masyarakat Desa Hurip Jaya dengan mendorong agar corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Desa Hurip Jaya dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

“Selama ini CSR dari perusahaan-perusahaan masih kurang menyentuh kepada masyarakat,” tutupnya. [HER]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here