Beranda Berita Utama Tol Cimanggis Cibitung, T2T Lakukan Inventarisir Tanah

Tol Cimanggis Cibitung, T2T Lakukan Inventarisir Tanah

1
Ketua T2T Dirwan Andi Dachiri
Ketua Tim Pembebasan Tanah (T2T) yang juga Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, Dirwan Andi Dachiri. FOTO: SUHERMAN/SUARA BEKASI

SUARA BEKASI, Cikarang Selatan: Ketua Tim Pembebasan Tanah (T2T) yang juga Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, Dirwan Andi Dachiri mengatakan, proses pembangunan jalan tol Cimanggis Cibitung tetap berjalan. Saat ini BPN Kabupaten Bekasi tengah melakukan inventarisir dahulu untuk tanah yang akan dibebaskan guna percepatan pembebasan lahan.

“Saya Ketua dari Tim Pembebasan Tanah (T2T), dan yang pasti proyek pembangunan tol Cimanggis Cibitung tetap berjalan,” ujar Dirwan kepada Suara Bekasi, saat ditemui terburu-buru hendak meninggalkan Kantor BPN Kabupaten Bekasi,? Senin (23/2).

Dijelaskan Dirwan, selaku Ketua T2T pihaknya mesti melakukan inventarisir aset dahulu. Dalam artian, kata dia, nantinya mana yang tanah milik warga, mana yang tanah milik desa dan? milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, bisa didata terlebih dahulu.

Jika sudah didata, maka untuk pembebasan lahan diserahkan kepada tim penaksir harga (appresial) yang merupakan tim independen.

Untuk pembebasan lahan, sambung Dirwan, metode pembayarannya ada di tim appresial bukan pada panitia pembebasan tanah. Meski saat ini ada perubahan pembebasan tanah yang sebelumnya berdasarkan NJOP, kemungkinan akan diganti dengan istilah perbidang.

“Pembebasan tanah untuk penaksiran harga diserahkan sepenuhnya kepada tim appresial (independen),” ucapnya.

Ditambahkan Dirwan, adanya pembangunan tol Cimanggis Cibitung akan memberi nilai tambah bagi Pemkab Bekasi. Terutama pertumbuhan perekonomian di masyarakat yang aksesnya dilalui jalan tol tersebut akan memberikan gairan perekonomian.

Sekarang memang masih dalam proses rencana pembangunan, tetapi jika nanti sudah terbangun hasilnya yang menikmati masyarakat juga.

Rencana pembangunan tol Cimanggis Cibitung sendiri, kata Dirwan, merupakan upaya pembangunan perekonomian bagi masyarakat yang berada di daerah pinggiran perkotaan. Dengan akses yang mudah dijangkau, maka roda perekonomian di masyarakat Kabupaten Bekasi akan lebih maju dan berkembang di masa yang akan datang terutama bagi wilayah yang lahannya terkena dampak pembebasan.

“Keberadaan tol Cimanggis Cibitung akan memberikan nilai tambah bagi kemajuan pembangunan terutama daerah pinggiran perkotaan,” pungkasnya. [DIK]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini