belanja.com
Dihadiri Menteri BUMN Rini Soemarno, Telkom Indonesia menggagas one-day workshop bertajuk “Kelola Bisnis Dalam Genggaman”, di Digital Innovation Lounge (DILO) Telkom yang berlokasi di Jalan Padjajaran, Bogor, Jawa Barat. Foto: Public Relations blanja.com

SUARA BEKASI ONLINE, Jakarta: Telkom Indonesia, perusahaan telekomunikasi plat merah terus merambah berbagai daerah guna memajukan UKM melalui e-commerce atau transaksi jual beli daring.

Kali ini Telkom Indonesia menggagas one-day workshop bertajuk “Kelola Bisnis Dalam Genggaman”. Workshop ini dilakukan di Digital Innovation Lounge  (DILO) Telkom yang berlokasi di Jalan Padjajaran, Bogor, Jawa Barat, Selasa (01/11/2016).

Dalam pelatihan tersebut, Telkom memperkenalkan situs transaksi daringnya bernama blanja.comblanja.com dibentuk pada 2014.

Workshop “Kelola Bisnis Dalam Genggaman” diikuti oleh para UKM  dan komunitas digital yang berbasis di Kota Bogor dan sekitarnya. Produk yang ditawarkan UKM tersebut mayoritas didominasi oleh produk makanan, lalu diikuti oleh produk pakaian dan fesyen.

Pelatihan yang dilakukan tim Telkom dan blanja.com meliputi pengenalan terhadap TIK dasar seperti pembuatan email, hingga pengenalan terhadap transaksi jual beli daring, terutama melalui blanja.com. Telkom dan blanja.com juga berkomitmen untuk memberikan pendampingan dan pelatihan secara berkesinambungan.

“Visi dan misi blanja.com dimana kami hadir salah satunya untuk membantu mengembangkan dan meningkatkan pertumbuhan bisnis UKM Indonesia melalui platform e-commerce marketplace yang kami miliki,” pungkas CEO blanja.com, Aulia E. Marinto.

Hingga Agustus 2016, telah tercatat lebih dari 7.300 penjual yang telah bergabung di blanja.com dan 80 persennya merupakan para pemain UKM lokal, baik secara personal maupun perusahaan kecil.

Sebelumnya, Menteri BUMN Rini Soemarno, mengajak para perusahaan BUMN dan UKM binaannya untuk manfaatkan e-commerce lewat portal marketplace milik PT Telkom Indonesia, blanja.com.

Hal tersebut disampaikan dalam pertemuan yang dihadiri oleh Direktur Utama Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN, Direksi Telkom, dan Direksi PNM dengan agenda rapat Pengembangan Ekonomi Digital BUMN.

“Saat ini produk-produk BUMN dan mitra binaan sudah ada di blanja.com. Namun dengan kerja sama dan sinergi ini diharapkan volume penjualan bisa meningkat,” ujar Rini.

Sinergi yang dimaksud adalah untuk membantu para usaha kecil menengah (UKM) dalam mendapatkan fasilitas modal sekaligus menempatkan hasil produk UKM pada blanja.com. [MAN]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here