Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran bersama unsur Forkopimda secara simbolis melepas bibit ikan di Situ Rawa Binong sebagai tanda peresmian Kampung Tangguh, di Desa Hegarmukti, Cikarang Pusat, Selasa (17/3/2021). Foto: bekasikab. 

SUARABEKASI.ID, Cikarang Pusat: Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, meresmikan Kampung Tangguh Binaan Batalyon D Pelopor Sat Brimob Polda Metro Jaya, di Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Rabu (17/04/2021).

“Batalyon D Pelopor Sat Brimob Polda Metro Jaya mendorong masyarakat untuk dapat meningkatkan perekonomian dan pangan di masa pandemi. Bahkan sarana penanganan Covid-19 pun kami siapkan,” kata Danyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya Kompol Budi Prasetya, dalam pemaparannya di hadapan Kapolda.

Menurutnya, Batalyon D Pelopor memanfaatkan lahan di Mako dan lahan kosong di area wisata Situ Rawabinong untuk budidaya Jahe Merah, Kangkung, Cabe dan kolam ikan.

“Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pangan warga selama pandemi di sini,” katanya.

Dalam program Kampung Tangguh ini, Batalyon D Pelopor juga menyediakan tempat isolasi mandiri bagi warga yang terpapar Covid-19.

“Jadi warga yang positif dapat terpantau langsung dan diamankan di tempat isolasi agar tidak terjadi klaster penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Fadil Imran mengatakan, peresmian Kampung Tangguh ini bertujuan untuk membentuk lingkungan yang tangguh dan mandiri dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Intinya Kampung Tangguh Jaya ini didirikan sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19 secara mandiri agar mampu mengantisipasi dan mengatasi berbagai masalah salah satunya menekan tingkat penyebaran Covid-19,” ungkap Kapolda.

Pada kesempatan itu, Kapolda beserta rombongan juga meninjau beberapa fasilitas yang ada di Kampung Tangguh Binaan Yon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya.

Seperti ruang pelayanan kesehatan, budidaya jahe merah, kangkung, cabe, ubi, dan kolam ikan yang merupakan salah satu ketahanan pangan masyarakat, tim relawan, posko induk relawan, dan rumah karantina mandiri serta ruang therapy.

 “Ini menjadi contoh buat kampung yang lain untuk selalu peduli dengan warganya dan bahu membahu untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan terbebas dari wabah yang melanda saat ini,” tandasnya. [RYN/kab]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here