Bambang-Samad
Abraham Samad dengan Bambang Widjojanto

SUARA BEKASI, Jakarta: Presiden Joko Widodo melantik tiga pelaksana tugas (Plt) pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istana Merdeka, Jumat (20/2/2015).

Mereka adalah Johan Budi Sapto Prabowo, Taufiequrachman Ruki, dan Indriyanto Seno Aji. Ketiganya diambil sumpah dan penandatanganan untuk menjabat sebagai pimpinan sekaligus anggota sementara lembaga antirasuah itu.

Untuk kursi pimpinan KPK sementara akan diduduki oleh Taufiequrachman Ruki menggantikan Abraham Samad. Keputusan Presiden Nomor 14 B tahun 2015 diterbitkan Presiden Jokowi untuk mengangkat Ruki. Sedangkan Johan Budi (Keppres 15 Tahun 2015) diangkat menjadi Plt Wakil Ketua gantikan Bambang Widjojanto. Satu posisi kosong yang ditinggal pensiun Busyro Muqoddas dan diisi Indriyanto Seno Adji, untuk menjabat sebagai Plt Wakil Ketua KPK, berdasarkan Keppres 16 Tahun 2015.

Pelantikan ketiganya, berdasar pada penetapan tersangka pada dua pimpinan KPK yakni Abraham Samad dan Bambang Widjojanto beserta, pensiunnya satu pimpinan lainnya yakni Busro Muqoddas.

Di hadapan Presiden Jokowi, mereka bertiga kemudian bersumpah untuk sungguh-sungguh dalam melaksanakan tugasnya. Mereka juga berjanji tidak memberikan apa pun kepada siapa pun.

“Kami tidak sekali-sekali menerima apa pun atau janji dari siapa pun,” kata mereka.

Kemudian, mereka juga berjanji untuk mengamalkan Pancasila, UUD 1945, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya bersumpah akan mengemban tugas dengan sunguh-sungguh dengan seksama, jujur, adil, dan tidak membeda-bedakan suku, agama, ras serta jabatan tertentu. Serta tangung jawab sepenuhnya kepada Tuhan dan masyarakat,” ujar mereka.

Pejabat yang hadir dalam acara adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah menteri kabinet kerja, Ketua DPD, Jaksa Agung, Ketua DPR, dan Wakil ketua MA. Selain itu, perwakilan TNI dan Wakapolri Badrodin Haiti juga ikut menghadiri pelantikan ini. [MAN/OKE]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here