AS Roma
AS Roma hanya bisa bermain imbang melawan Fiorentina di Artemio Franchi (Foto: reuters)

SUARA BEKASI – AS Roma hanya bisa bermain seri 1-1 melawan Fiorentina, Senin (26/1/2015) dini hari WIB, pada giornatake-20 Serie A. Meski sempat kewalahan di babak pertama dan tertinggal, Serigala Roma akhirnya mampu menyamakan kedudukan berkat aksi Adem Ljajic.

Tentu, hasil tak sempurna ini bukan merupakan yang diinginkan Giallorossi, mengingat di laga lain sang pemuncak klasemen Juventus sukses menang 2-0 atas Chievo. Kini, pasukan Rudi Garcia itu mengoleksi 42 poin, tertinggal tujuh poin dari Nyonya Tua.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Berstatus sebagai tuan rumah, Fiorentina langsung mengambil inisiatif penyerangan. Beberapa peluang sukses dihasilkan tuan rumah, salah satunya dari Juan Cuadrado yang melepaskan tendangan jarak jauh, tapi masih melebar dari gawang Morgan De Sanctis.

Perlahan, Roma mulai menampilan kebesarannya. Peluang pun dari Francesco Totti yang melakukan tembakan jarak jauh nan keras, tapi masih belum mengubah kedudukan. Begitu juga dengan sambaran Kevin Strootman hasil dari tendangan penjuru Totti.

Gol! Menit 19 menjadi milik Fiorentina. Tendangan datar David Pizzaro berhasil dibelokkan oleh Mario Gomez, seraya membuka skor menjadi 1-0 untuk tuan rumah.

Petaka bagi Roma karena Strootman terlihat cedera dan tidak bisa melanjutkan pertandingan. Gelandang asal Belanda itu kemudian ditarik keluar dan diganti Miralem Pjanic. Ini sangat disayangkan, karena seperti diketahui Strootman baru kembali dari cedera panjang.

Di penghujung babak pertama, Roma lebih tenang memainkan bola dari kaki ke kaki, mencari celah di lini belakang Fiorentina.

Babak Kedua

Roma mengawali paruh kedua dengan positif setelah Adem Ljajic sukses membuat kedudukan sama kuat 1-1. Juan Iturbe menjadi sosok kunci dibalik terciptanya gol untuk tim tamu. Ia melewati Jose Basanta, kemudian memberi umpan yang mampu disempurnakan Ljajic ke gawang Tatarusanu.

Gol Ljajic membuat kepercayaan diri Roma pulih. Mereka dominan dalam penguasaan bola dan sukses menciptakan beberapa peluang yang mengancam gawang Fiorentina. Tatarusanu pun kembali berjibaku menyelamatkan gawangnya karena aksi Totti.

Namun, Fiorentina memiliki senjata bernama Cuadrado.Winger internasional Kolombia itu melakukan dribble cepat untuk mengawali pola serangan balik. Bola lalu dipegang Joaquin Sanchez yang mengirim umpan ke Jasmin Kurtic. Sayangnya, sepakan gelandang asal Slovenia itu bisa dihalau pemain Roma.

Pada babak kedua ini, Iturbe lebih berani berduel dengan pemain lawan. Ia pun beberapa kali mencoba melewati bek Fiorentina. Dengan sederet pemain besar seperti Ljajic, Totti dan Iturbe, Gialorossi punya kans besar untuk keluar sebagai pemenang.

Peluang terakhir dalam laga ini terjadi untuk Fiorentina. Merangsek dari sisi kiri, Nenad Tomovic melepaskan tendangan datar ke arah tiang dekat, tapi masih bisa ditepis De Sanctis.

Susunan Pemain

Fiorentina: Tatarusanu; Tomovic, Rodriguez, Basanta; Joaquin, Fernandez/Kurti?, Pizarro, Valero, Pasqual/Alonso; Cuadrado; Gomez/Babacar.

AS Roma: De Sanctis; Florenzi, Manolas, Yanga-Mbiwa, Holebas; Nainggolan, De Rossi, Strootman/Pjanic; Ljajic/Maicon, Totti/Destro, Iturbe. [MAN/OKE]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here