Terminal Bus Cikarang, Kabupaten Bekasi
BELUM TERTATA: Terminal Bus Cikarang sebagai tempat transit, kondisinya belum tertata dengan baik. Hal itu sedikitnya berpengaruh terhadap pendataan jumlah bus angkutan karyawan perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Bekasi yang belum terdaftar secara resmi pada Dinas Perhubungan. FOTO: WISNU WIRIAN/SUARA BEKASI

SUARA BEKASI, Cikarang Pusat: Banyaknya bus angkutan karyawan perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Bekasi ternyata tidak seluruhnya terdaftar secara resmi pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi.

Menyikapi hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Muhyiddin, mengaku belum mengetahui secara pasti jumlah bus karyawan yang terdaftar. Bahkan, pihaknya meminta kepada Dishub untuk menertibkan keberadaannya.

“Banyak bus angkutan karyawan yang beroperasi tidak semuanya terdaftar secara resmi di Dinas Perhubungan,” ujar Muhyiddin kepada awak media, saat ditemui di ruang kerjanya?, Kamis (4/12).

Dikatakannya, saat ini jumlah bus angkutan karyawan yang beroperasi memang cukup banyak. Bahkan, kata dia, yang terdaftar pun jumlahnya belum ada secara resmi yang masuk ke meja kerjanya.

Dalam waktu dekat, Muhyiddin menuturkan, pihaknya akan memanggil Kepala Dishub untuk menjelaskan secara gamblang dan agar melakukan penertiban terhadap keberadaan bus angkutan karyawan yang beroperasi di Kabupaten Bekasi.

Kata dia, bus karyawan yang beroperasi di jalan Kabupaten Bekasi harus mematuhi peraturan yang ada, dan jangan seenaknya melintas di jalan Kabupaten Bekasi.

“Nanti saya suruh Dinas Perhubungan menertibkan semua bus karyawan yang tidak punya perizinan secara resmi,” ucapnya.

Ditambahkan Muhyiddin, apa pun bentuk perizinan yang ada di Dishub patut dipatuhi oleh para pengusaha angkutan. Semua retribusi yang masuk ke kas Dishub merupakan kas daerah.

“Jadi nantinya untuk dijadikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor perhubungan yang ditargetkan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi?,” pungkasnya. [DED]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here