Beranda Berita Utama Sekda: LKPJ Bupati Bekasi Paling Lambat Akhir Maret 2022

Sekda: LKPJ Bupati Bekasi Paling Lambat Akhir Maret 2022

0
Rapat Verifikasi Laporan Akhir LKPJ Bupati Bekasi Tahun 2021 di Hotel Santika, Cikarang Selatan, Rabu (16/3/2022). Foto: Prokopim.

SUARABEKASI.ID, Cikarang Selatan: Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi, menekankan kepada seluruh Perangkat Daerah untuk secepatnya menyerahkan data Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Bekasi Tahun 2021 paling lambat 31 Maret 2022.

Hal tersebut disampaikan Sekda saat menghadiri Rapat Verifikasi Laporan Akhir LKPJ Bupati Bekasi Tahun 2021 yang berlangsung di Hotel Santika, Cikarang Selatan, Rabu (16/3/2022).

Sekda meminta seluruh Perangkat Daerah untuk dapat melakukan sinkronisasi terlebih dahulu terkait data realisasi keuangan dan data fisik Perangkat Daerah dalam tahapan penyusunan LKPJ dan LPPD.

“Masih ada yang perlu disinkronkan dan dikonfirmasi kembali, karena berdasakan data realisasi keuangan lebih dari pada realisasi fisik. Segera diperbaharui lagi agar lebih rinci dan detail, paling lambat akhir Maret ini. Dan pastikan data tersebut tidak ada perbedaan dengan hasil rekon Simda dan rekomendasi dewan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, jika LKPJ Bupati Bekasi ini disusun berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bekasi tahun 2020, dan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bekasi tahun 2017-2022, serta adanya tindaklanjut rekomendasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari tahun sebelumnya.

“LKPJ ini disusun berdasarkan RKPD dan RPJMD oleh Tim Bappeda, kemudian sekarang dialihkan di Bagian Tata Pemerintahan. Untuk itu perlu dilaksanakan verifikasi laporan realisasi fisik dan keuangan serta verifikasi jawaban atas rekomendasi DPRD,” katanya.

Baca juga: Sekda Bakal Pimpin Langsung Kontingen Kabupaten Bekasi di Porprov Jabar 2022

Lebih lanjut dirinya meminta dalam penyusunan LKPJ Tahun 2021 ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kinerja Perangkat Daerah sesuai tugas, pokok dan fungsinya.

Sebab, hal ini merupakan suatu upaya meningkatkan hasil pembangunan daerah Kabupaten Bekasi lebih baik lagi ke depannya.

“Diharapkan LKPJ ini selaras dan menjadi bahan evaluasi kinerja perangkat daerah sesuai tupoksinya masing-masing dalam upaya meningkatkan hasil pembangunan daerah Kabupaten Bekasi untuk lebih baik lagi ke depannya,” kata Sekda.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Bekasi, Iman Santoso, menjelaskan dalam rapat LKPJ kali ini membahas mengenai pedoman penyusunan anggaran dan realisasi pendapatan, belanja, dan pembiayaan serta realisasi fisik keuangan Perangkat Daerah maupun rekapitulasi persentase LKPJ dari seluruh Perangkat Daerah yang masih perlu perbaikan.

“Hari ini merupakan evaluasi rangkaian terakhir untuk menyamakan progres dan tahapan dalam penyusunan LKPJ yang dinilai masih perlu perbaikan dalam data dukung tentang realisasi keuangannya lebih besar dari realisasi fisik dan diharapkan akan selesai pada esok hari,” pungkas Iman. [MAN/PRO]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini