Kepala Dinas Pertenakan, Perikanan dan Kelautan, DPPK, Kabupaten Bekasi, H Abdul Ropiq, Suara Bekasi
Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Asda II) pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi, H. Abdur Rofiq. Foto: Suherman/suarabekasi.id

SUARABEKASI.ID, Cikarang Pusat: Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Asda II) pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi, Abdur Rofiq, mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi berhasil meraih posisi ke-5 kategori Pemerintah Daerah (Pemda) terbaik dalam Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) se-Jawa Barat tahun 2021.

Ia mengatakan, Pemkab Bekasi berhasil mendapatkan kategori tersebut berdasarkan penerapan digitalisasi penerimaan dan pengeluaran yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

“Kita selama ini tidak sadar ternyata penerapan digitalisasi transaksi yang kita lakukan di pemerintahan ternyata dinilai, dan sebelum adanya TP2DD ini kita memang sudah menerapkan sistem digitalisasi ini,” ujar Abdur Rofiq kepada wartawan usai rapat koordinasi wilayah Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dan TPID, di Command Center, Gedung Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Selasa (27/07/21).

Baca juga: Lagi, Pemkab Bekasi Bakal Gelontorkan Dana Penanganan Covid-19

Ia menjelaskan, keberhasilan tersebut tidak lepas dari manajemen digitalisasi penerimaan dan pengeluaran yang dilakukan pemerintah daerah yang sudah tidak lagi menggunakan transaksi tunai.

“Segala transaksi di pemerintahan Kabupaten Bekasi sudah tidak ada lagi sistem tunai. Misal sudah tidak ada lagi pegawai yang menerima upah secara tunai, semua sudah sistem transfer dan mungkin hal itu yang dinilai dari pemerintah provinsi,” katanya.

Ia menambahkan, keberhasilan Pemkab Bekasi meraih kategori Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Pemda Terbaik tak lepas dari peran serta dari perangkat daerah yang ada dalam pengimplementasian digitalisasi transaksi. [MAN/kab]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here