Joko Widodo
RI-China Sepakat Bangun Jalur Sutera Abad 21

JAKARTA – Indonesia dan China sepakat membangun lagi Jalur Sutera Abad 21. Ini merupakan jalur perdagangan yang sangat terkenal pada abad 19. Kesepakatan itu merupakan hasil pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden China Xi Jinping dan bagian dari upaya Jokowi dalam mempromosikan Poros Maritim.

“Kedua presiden sepakat untuk menyinergikan gagasan Poros Maritim Dunia dan inisiatif Jalur Sutera Maritim Abad 21 atau 21st Century Maritime Silk Road guna merealisasikan konektivitas maritim di kawasan, melalui pembangunan infrastruktur,” demikian seperti dilansir dari laman Setkab, Jumat (27/3/2015).

Selain itu, fokus lain pembicaraan bilateral antara Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping yakni terkait upaya peningkatan kerja sama di bidang perdagangan, keuangan, infrastruktur, perindustrian, pariwisata, dan hubungan antarmasyarakat. Secara khusus Presiden Jokowi mengundang China untuk semakin meningkatkan arus investasi langsung di berbagai bidang ke Indonesia. Tidak hanya itu, kedua presiden juga membicarakan isu kawasan yang menjadi perhatian bersama.

Dari hasil pertemuan bilateral tersebut, kedua delegasi pemerintahan itu dituangkan dalam Pernyataan Bersama Kemitraan Strategis Komprehensif antara Pemerintah Republik Indonesia (RI) dengan Pemerintah RRT (Republik Rakyat Tiongkok/China).

Selanjutnya, kedua kepala pemerintahan menyaksikan penandatanganan delapan dokumen kerja sama, yang meliputi:

1. MoU Kerjsama Ekonomi antara Menko Perekonomian RI dengan Komisi Nasional Pembangunan dan Reformasi RRT;

2. MoU Kerjasama Pembangunan Industri dan Infrastruktur antara Komisi Nasional Pembangunan dan Reformasi RRT dengan Menteri BUMN;

3. MoU Antara Menteri BUMN dengan Komisi Nasional Pembangunan dan Reformasi RRT Untuk Proyek Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung;

4. MoU antara Badan SAR Nasional (Basarnas) RI dengan Menteri Transportasi RRT;

5. Perjanjian Kerjasama Antara Pemerintah RI dan RRT untuk pencegahan pajak berganda;

6. MoU antara Lembaga Pengembangan Antariksa Nasional (LAPAN) dengan Badan Antariksa Nasional RRT;

7. MoU Kerjasama antara Menteri BUMN dengan China Development Bank Corporation (CDBC).

(oke)

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here