Kegiatan normaliasi Kali Cikarang sepanjang 1 KM dari Kampung Rawa Keladi hingga Kumejing, Desa Sukaindah, Kecamatan Sukakarya. Foto: Sabar/suarabekasi.id.

SUARA BEKASI ONLINE, Cikarang Pusat: Puluhan sungai atau kali yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi Jawa Barat (Jabar) telah dilakukan normalisasi untuk mengantisipasi musim hujan.

Hal itu diutarakan Kepala Bidang (Kabid) Pembangunan Sumber Daya Air (PSDA) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi, Nurchaidir.

“Kami dari Bidang PSDA Dinas PUPR sudah melakukan beberapa kegiatan dan program. Untuk kegiatan normalisasi puluhan sungai sudah kita lakukan sejak tiga bulan yang lalu hingga saat ini,” kata Nurchaidir, di Cikarang Pusat, Senin (2/12/2019).

Ia membeberkan, tahun ini sedikitnya ada 25 sungai yang dinormalisasi. Mulai dari sungai yang berada di perbatasan Kota Bekasi hingga perbatasan dengan Kabupaten Karawang.

“Titik lokasi kegiatan normalisasi sungai tersebar ke beberapa wilayah, dan dilakukan untuk antisipasi jika musim hujan datang,” tandasnya.

Disinggung capaian pogram dan kegiatan normalisai untuk tahun ini, mantan Kabid Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian itu mengatakan sudah mencapai 80 persen.

“Saat ini laporan kegiatan normalisasi sudah hampir 80 persen. Mungkin sudah terlihat hasilnya,” ungkapnya.

Tak hanya itu, menurut Nurchaidir, Bidang PSDA pun telah menyiapkan dan mengecek sejumlah pompa air untuk program pengendalian banjir.

Menurutnya, pompa air tersebut penting apabila terdapat banjir dapat segera ditangani. Sampai saat ini ada tiga pompa air yang diperbaiki.

“Kita cek yang rusak juga kita perbaiki. Mudah-mudahan jika datang musim hujan dapat mengurangi dampak banjir di Kabupaten Bekasi,” katanya. [MAN]

Tinggalkan Balasan