Camat Pebayuran, Hanief Zulkifli saat meninjau pembangunan rumah warga di Kampung Babakan Banten, Desa Sumberurip, Rabu (17/3/2021). Foto: bekasikab.

SUARABEKASI.ID, Pebayuran: Camat Pebayuran, Hanief Zulkifli mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi bersama Pemprov Jabar secara bertahap mulai melakukan pembangunan rumah warga yang rusak diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum di Kampung Babakan Banten, Desa Sumberurip.

“Sekarang mulai berjalan pembangunannya bertahap, bantuan pembangunan itu dari Pemkab Bekasi dan Pemprov Jawa Barat,” kata Hanief kepada wartawan, di Pebayuran, Rabu (17/03/21).

Ia memerinci, sebanyak 55 rumah di Desa Sumberurip yang terletak dekat dengan titik tanggul jebol Sungai Citarum yang mengalami kerusakan.

“Dari 55 rumah yang rusak, 35 rusak berat atau hanyut, dan 20 rumah rusak sedang hingga ringan,” ujarnya.

Baca juga: Dispertan Komitmen Bantu Petani Yang Kebanjiran Lahan Sawahnya

Ia menjelaskan, bantuan pembangunan rumah, baik dari Pemerintah Kabupaten Bekasi dan Provinsi Jawa Barat jumlahnya sebesar Rp20 juta.

Pihaknya berharap, proses pembangunan rumah korban banjir dapat rampung sebelum lebaran. Sehingga warga yang rumahnya terdampak, ketika tiba Hari Raya Idul Fitri bisa berlebaran di rumah.

“Makanya kita pantau terus, kasihan kan kalau lebaran engga ada rumah atau masih rusak,” ungkapnya.

Sebelum rumahnya rampung dibangun, tambah Hanief, warga sementara tinggal di rumah tetangga, saudara, maupun sekolah.

“Bantuan logistik bagi warga yang rumahnya terbawa hanyut masih terus kita diberikan. Walaupun tidak full 100 persen,” pungkasnya. [RYN/kab]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here