Eksekusi Lahan Cikarang
Dibantu 1000 personil gabungan, Pengadilan Negeri (PN) Bekasi mengeksekusi lahan bangunan seluas 8.105 M2 yang dihuni sekira 150 Kepala Keluarga (KK) di Kampung Kongsi RT. 03 dan 04 RW. 08, Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Kamis (20/10/2016). Foto: Sepri Parulian/Suara Bekasi Online.

SUARA BEKASI ONLINE, Cikarang Utara: Sebanyak 1000 Personil gabungan dari Kepolisian Metro Bekasi yang dibantu oleh BKO dari Sat Sabhara, Sat Brimob PMJ, TNI, Sat Pol PP, Damkar, PLN Kabupaten Bekasi dan instansi terkait melakukan pengamanan eksekusi lahan di Kampung Kongsi RT. 03 dan 04 RW. 08, Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Kamis (20/10/2016).

Lahan bangunan dengan luas 8.105 M2 yang dihuni sekira 150 Kepala Keluarga (KK) tersebut berhasil dirobohkan dengan dibantu menggunakan dua alat berat.

Sebelumnya warga penghuni lahan telah diberikan peringatan dari penggugat dan diberikan uang kerohiman sebesar Rp2 juta rupiah per Kepala Keluarga (KK).

Kapolrestro Bekasi, Kombespol M. Awal Chairuddin, mengungkapkan lahan yang dilakukan pengeksekusian tersebut dimiliki oleh Budiman M Sudjono yang dimenangkan oleh Pengadilan Negeri (PN) Bekasi.

“Pengamanan eksekusi pengosongan dan pemerataan bangunan dalam prosesinya tidak terjadi kontak fisik yang dapat menimbulkan pelanggaran HAM, dan saya juga instruksikan kepada anggota untuk melakukan cara persuasif atau pendekatan kepada penghuni lahan tersebut,” ujarnya kepada sejumlah awak media.

Dalam pelaksanaan eksekusi tersebut, Kapolrestro mengimbau kepada seluruh anggota yang tergabung dalam pengamanan tidak ada yang membawa senjata api dan membiarkan instansi terkait yang melakukan tugasnya sebagai mana permintaan dari PN Bekasi.

“Kita hanya mengawal saja agar tidak terjadi gangguan Kamtibmas dan pelanggaran lainnya yang dapat menghambat proses eksekusi tersebut,” harapnya.

Sementara itu, Juru Sita PN Bekasi, Mischa, sebelum eksekusi lahan tersebut dilaksanakan, terlebih dahulu dibacakan putusan dari PN Bekasi.

“Sesuai dengan putusan Pengadilan Negeri Bekasi, kita mengimbau warga yang menduduki lahan untuk mengosongan lahan milik Budiman M Sudjono yang memenangkan lahan dari keluarga tergugat ahli waris Endang, Ropiih dan Abuy selaku keluarga pemilik lahan sebelumnya yang menduduki lahan tersebut,” singkatnya. [SEP]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here