Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara pemberian sertifikat tanah gratis kepada masyarakat Kabupaten Bekasi, di Jababeka Convention Center, Cikarang Utara, Jumat (25/1/2019). Foto: Istimewa.

SUARA BEKASI ONLINE, Cikarang Utara: Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, memuji langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah memberikan sertifikat tanah secara gratis kepada masyarakat Kabupaten Bekasi.

“Kami tentunya sangat bersyukur dan mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Bapak Presiden dalam kegiatan pemberian sertifikat tanah gratis untuk masyarakat Kabupaten Bekasi,” ujar Eka Supria Atmaja kepada suarabekasi.id, usai mendampingi Presiden Jokowi dalam acara pemberian sertifikat tanah gratis, di Jababeka Convention Center (JCC), Cikarang Utara, Jumat (25/1/2019).

Eka menilai, persoalan tanah di wilayah Kabupaten Bekasi dapat dikatakan dalam kondisi memprihatinkan.

Baca juga: Pemkab Bekasi Terima Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik

Faktor yang melatarbelakanginya, kata dia, di antaranya adalah sengketa waris, sengketa fisik atau luas tanah, dan juga kepemilikan.

“Persoalan itu disebabkan pemilik tanah menelantarkan tanah miliknya, dibiarkan kosong serta tanpa pengawasan sehingga memberikan peluang kepada oknum tidak bertanggung jawab,” kata Eka.

Ia megimbau kepada masyarakat Kabupaten Bekasi, hendaknya pemilik tanah memanfaatkan atau memberdayakan warga sekitar untuk mengelolanya agar menghasilkan dan juga aman.

Kendati demikian, kata Eka, menyerahkan tanah untuk digarap orang lain juga bukan tanpa risiko.

“Sebab tidak jarang penggarap tanah justru berkhianat,” tandasnya.

Billboard penyambutan kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terpampang di pintu masuk Jababeka Convention Center (JCC), Cikarang Utara, Jumat (25/1/2019). Foto: Istimewa.

Eka berharap dengan adanya program sejuta sertifikat tanah dari Presiden, setidaknya dapat mengikis persoalan sengketa lahan yang kerap terjadi antara warga dengan warga, hingga warga dengan pemerintah dan perusahaan.

“Persoalan itu terjadi lantaran masih banyaknya tanah yang belum bersertifikat. Untuk itu, program percepatan pembuatan sertifikat tanah menjadi penting mengatasi masalah sengketa lahan di Kabupaten Bekasi,” ungkap Eka.

“Dalam acara ini Bapak Presiden Joko Widodo membagikan 3.500 sertifikat tanah kepada warga Kabupaten Bekasi,” tambah Eka.

Baca juga: Mahalnya Sertifikasi Tanah di Kabupaten Bekasi

Diketahui, Presiden Joko Widodo membagikan sertifikat tanah tiga kali di tiga lokasi yang berbeda pada hari ini, Jumat (25/1/2019).

Pada pagi hari pukul 09.30 WIB, Presiden Jokowi menghadiri penyerahan sertifikat tanah di Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Pada siang harinya, Jokowi melanjutkan kegiatan shalat Jumat di Masjid Agung Al Barkah, Kota Bekasi, sekaligus membagikan sertifikat tanah wakaf di masjid itu usai melaksanakan shalat Jumat.

Menutup rangkaian kegiatan hari ini, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan ke Jababeka Convention Center (JCC), Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

Sekira pukul 16.20 WIB tiba di JCC, Jokowi kembali menyerahkan sertifikat tanah kepada warga Kabupaten Bekasi. [MAN]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here