Beranda Berita Utama Peringati Hari Jadi Ke-70, Bupati Eka: Kabupaten Bekasi Mengalami Perubahan Signifikan

Peringati Hari Jadi Ke-70, Bupati Eka: Kabupaten Bekasi Mengalami Perubahan Signifikan

0
Bupati Bekasi, H. Eka Supria Atmaja tengah menyampaikan kata sambutan dalam upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi Ke-70 di halaman Plaza Pemda Kabupaten Bekasi, Sabtu (15/8/2020). Foto: Humaspro.

SUARABEKASI.ID, Cikarang Pusat: Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja memimpin upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi Ke-70 yang diperingati setiap tanggal 15 Agustus, di halaman plaza Pemda Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat, Sabtu (15/8/2020).

Tak seperti biasanya, peserta upacara kali ini dibatasi hanya Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon II, jajaran Forkopimda dan tamu terbatas yang mengikutinya.

Pembatasan dilakukan agar peserta upacara dapat tetap menjaga jarak aman satu sama lain demi mencegah penyebaran Covid-19.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi tahun ini berlangsung khidmat dan sederhana serta digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja dalam amanatnya menyampaikan seiring perjalanan panjang selama 70 tahun, Kabupaten Bekasi mengalami perubahan yang cukup signifikan, baik dari aspek fisik, aspek sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan.

“Untuk mengimbangi perubahan tersebut, maka dibutuhkan kerja keras inovasi, kreativitas, dari kita semua untuk bekerja sama membangun Kabupaten Bekasi menjadi kabupaten termaju se-Indonesia,” ujar bupati.

Baca juga: Eka Minta Pramuka Lakukan Gerakan Disiplin Protokol COVID-19

Ia menyampaikan, melalui momentum Hari Jadi Kabupaten Bekasi Ke-70, dirinya mengajak kepada seluruh komponen penyelenggara pemerintahan yang ada di Kabupaten Bekasi untuk saling merekonstruksi mana hal-hal yang harus dipertahankan dan yang harus segera diperbaiki.

“Mari kita bergandengan tangan dalam harmoni dan saling menguatkan, agar kita mampu menyelesaikan berbagai hambatan, tantangan, dan persoalan dalam berbagai sektor,” ajak bupati.

Dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi Ke-70 tahun ini mengambil tema “Bekerja Bersama, untuk Bekasi Dua Kali Tambah Baik”. Artinya, kata bupati, Pemerintah Kabupaten Bekasi harus bekerja 2x lebih cerdas, 2x lebih cepat agar masyarakat lebih cepat merasakan hasilnya.

Dijelaskannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi juga fokus pada beberapa aspek, yakni aspek infrastruktur, kesehatan, pendidikan, penanggulangan bencana, dan pelayanan publik.

Dari aspek Infrastruktur, katanya, Pemkab Bekasi akan melakukan beberapa peresmian pembangunan infrastruktur yang sudah direalisasikan pada 2019 lalu.

Sedangkan, di bidang kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini, Pemkab Bekasi berhasil mencapai level Universal Health Coverage (UHC) 1000%, sebagai program yang memastikan masyarakat memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus menghadapi kesulitan finansial.

“Kabupaten Bekasi menjadi kabupaten/kota pertama di Jawa Barat yang mencapai target ini. Semoga ini menjadi kado indah untuk masyarakat Kabupaten Bekasi di Hari Ulang Tahun kali ini,” ujar bupati.

Masih kata bupati, terkait pendidikan, Pemkab Bekasi terus berupaya agar perbaikan infastruktur sekolah dan meubelair akan lebih diprioritaskan.

“Kesejahteraan kepala sekolah, guru, dan tenaga pendidikan ASN/non ASN akan lebih diperhatikan,” katanya.

Terkait pelayanan publik, kata bupati, Pemkab Bekasi dalam waktu dekat juga akan meluncurkan Mal Pelayanan Publik (MPP) agar memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan publik.

Beberapa jenis pelayanan yang akan disediakan di Mal Pelayanan Publik antara lain pelayanan perizinan, administrasi kependudukan seperti KTP, Akta Kelahiran, Kepengurusan Pajak Retribusi Daerah, Jasaraharja, BPJS, dan juga pelayanan dari Kementerian/Lembaga, Sektor BUMD dan Swasta.

“Semoga di Hari Jadi Kabupaten Bekasi Ke-70 ini, Kabupaten Bekasi semakin menjadi 2x tambah baik, semakin dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Bekasi,” pungkasnya.

Bupati Bekasi, H. Eka Supria Atmaja didampingi unsur Forkopimda menandatangani peresmian 12 proyek pembangunan usai memperingati Hari Jadi Kabupaten Bekasi Ke-70 di halaman Plaza Pemda Kabupaten Bekasi, Sabtu (15/8/2020). Foto: Humaspro.

Di akhir acara, Bupati Bekasi meresmikan 12 proyek pembangunan sekolah dan puskesmas yang sudah direalisasikan pada 2019 lalu

Adapun sejumlah proyek yang diresmikan Bupati Bekasi yaitu:

1. Pembangunan RKB SDN Wanajaya 03 Cibitung, Kecamatan Cibitung.

2. Pembangunan Ruang Kelas SDN Kalijaya 04 Desa Setia Asih, Kecamatan Cikarang Barat.

3. Pembangunan RKB SDN Setia Asih, Desa Setia Asih Kecamatan Tarumajaya.

4. Rehab Total SDN Mangunjaya 01 Kecamatan Tambun Selatan.

5. Pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SMPN 6 Tambun Utara.

6. Pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SMPN 5 Cikarang Barat.

7. Rehab Total SMPN 01 Bojongmangu, Desa Bojongmangu.

8. Rehab Total Puskesmas Sriamur menjadi 2 lantai Puskesmas Sriamur.

9. Pembangunan Gedung Rawat Inap Puskesmas Tambelang, Kecamatan Tambelang.

10. Pembangunan Gedung Poned Puskesmas Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur.

11. Rehab Total Gedung dan Fasilitas Puskesmas 1 Kecamatan Bebelan.

12. Rehab Gedung Guru Kabupaten Bekasi, Kecamatan Tambun Selatan.

[SAM/RYN]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini