SUARA BEKASI ONLINE, Cikarang Utara: Polrestro Bekasi berhasil menangkap pelaku spesialis perampok nasabah bank dengan modus mengintai nasabah tersebut dan memasang paku pada kendaraan yang dikendarainya, bila gagal pelaku memecahkan kaca kendaraan korban dengan menggunakan busi sepeda motor. Hal ini diungkapkan Kapolrestro Bekasi, Kombespol Asep Adisaputra. Jumat (25/08/2017).

Kapolres menuturkan, kronologis kejadian bermula pada Jumat (09/06/2017), ketika itu korban AI (34) datang ke Bank BJB Cabang Karawang untuk mengambil uang sebanyak 250 juta.

Kemudian, pelaku yang berinisial C masuk ke Bank untuk mengintai korban, sementara para pelaku lain berinisial A, I, dan E menunggu diluar Bank. Setelah pelaku C melihat korban AI mengambil uang dalam jumlah besar, pelaku mengikuti korban hingga parkiran kendaraannya.

“Selanjutnya pelaku C menelpon pelaku A dan I yang menunggu dipinggir jalan sambil memberitahu jenis kendaraan pelaku, sementara pelaku C menyusul berboncengan dengan pelaku E,” bebernya.

Setelah mobil melaju, kata Kapolres, para pelaku mengejar mobil korban, setibanya dijalan yang macet, pelaku yang berboncengan memasang paku yang direkatkan pada sendal ke ban mobil korban. Selang beberapa saat, ban mobil korban kempes.

“Karena ban mobil korban kempes, maka korban menghentikan kendaraannya di depan toko Carkoen Ruko Central Niaga Square, Desa Simpangan, Kecamatan Cikarang Utara. Sesaat setelahnya pelaku I turun dari motor dan mengambil uang yang ada di dalam mobil dengan membuka pintu depan sebelah kiri,” tuturnya.

Akibat kejadian tersebut, korban melapor ke polisi dan melakukan pengejaran terhadap wajah pelaku berbekal CCTV di Bank BJB Karawang. Selanjutnya, pada Jumat (14/07/2017) sekitar pukul 13.00 WIB, didalam Bank BCA lantai 2 kawasan Jababeka 1, Cikarang Selatan, Anggota Polsek Cikarang Selatan, Aipda Yoyo Rustoyo mencurigai pelaku C yang berada didalam Bank tersebut lantaran wajahnya mirip dengan wajah yang menjadi target kepolisian.

“Aipda Yoyo mencoba mengintrogasi pelaku, akhirnya pelaku mengaku bahwa ia yang mencuri uang nasabah di Bank BJB Karawang, ia datang ke Bank BCA bersama pelaku lain berinisial BR,” jelasnya.

“Kemudian Tim Kobra Polrestro Bekasi menangkap pelaku dan melakukan pengembangan, hasilnya pelaku lain berinisial A berhasil ditangkap di Bandara Soekarno Hatta saat pelaku hendak pulang kampung,” imbuhnya.

Dari pengakuan pelaku terhadap petugas, para pelaku mengaku telah melancarkan aksinya sebanyak 7 kali, yakni pada bulan Desember 2016 nasabah Bank BNI Jababeka 1 sebanyak 40 Juta, bulan Januari 2017 nasabah Bank BCA Lippo Cikarang sebanyak 30 Juta, bulan Februari 2017 nasabah Bank BCA Jababeka 1 sebanyak 100 Juta, bulan Maret 2017 nasabah Bank Mandiri sebanyak 50 Juta, bulan April 2017 nasabah Bank BCA Cibitung sebanyak 80 Juta, bulan Januari 2017 nasabah Bank Mandiri sebanyak 80 Juta, dan bulan Juni 2017 nasabah Bank BJB Karawang sebanyak 250 Juta.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para pelaku dikenai Pasal 363 ayat 1 ke 4 dan 5 KUHPidana dengan ancaman 7 Tahun penjara. [SEP]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here