Program PATEN, Kecamatan Tarumajaya, Pelayanan Adminitrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), Suara Bekasi
PROGRAM PATEN: Warga sedang mengurus salah satu perizinan di kantor Kecamatan Tarumajaya melalui program Pelayanan Adminitrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Dengan program PATEN, masyarakat mendapatkan kemudahan pelayanan administrasi terutama mengenai perizinan. FOTO: HERRY ZAINAL KHUSNI/SUARA BEKASI

SUARA BEKASI, Cikarang Pusat: Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Kabupaten Bekadi, Machpudin, mengatakan sejak lounching program Pelayanan Adminitrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) ?di 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi berkomitmen memberikan kemudahan kepada masyarakat berupa pelayanan administrasi terutama mengenai perizinan.

?”Sejak lounching PATEN di 23 kecamatan, Pemkab Bekasi memang sudah berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan yang mudah dijangkau oleh masyarakat,” ujar Machpudin kepada wartawan, saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemkab Bekasi, Jumat (19/12).

?Dijelaskannya, program PATEN telah mendapatkan apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia yang menyebut Kabupaten Bekasi termasuk salah satu daerah yang cepat merespon progran layanan terpadu.

Sehingga Kabupaten Bekasi menjadi pusat pembelajaran bagi daerah lain yang hendak menerapkan program tersebut.

Machpudin menuturkan, beberapa daerah yang singgah ke Kabupaten Bekasi untuk mempelajari program PATEN seperti dari Maluku, Sumatera, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan yang lainnya.

Lebih lanjut Machpudin menegaskan, bahwa program PATEN akan selalu dievaluasi dan dikoreksi apakah selama ini betul sudah sesuai dengan harapan masyarakat atau belum.

“Meski menjadi tujuan pembelajaran bagi daerah lain, program PATEN? juga terus dievaluasi dan dikoreksi apakah sudah sesuai harapan masyarakat,” ucapnya.

Bahkan, tambah dia, kedepannya persoalan perizinan yang masih banyak dipegang instansi terkait akan dibicarakan dulu oleh pimpinan dalam hal ini Bupati Bekasi, untuk dibagi kewenangannya kepada kecamatan.

“Kewenangan kecamatan nantinya akan ditambah lagi, sehingga pelayanan terpadu bisa berjalan secara maksimal,” pungkasnya. [DIK]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here