SUARA BEKASI ONLINE, Cikarang Timur: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat (Jabar), melalui Dinas Sosial menggelar Ajang Festival Anak Jalanan (Anjal) yang diikuti anak-anak jalanan yang ada di Kabupaten Bekasi, bertempat di Stadion Wibawa Mukti Cikarang Timur, Kamis (11/10/2018).

Dikatakan Carwinda selaku Asisten Daerah (Asda) 1, festival tersebut digelar sebagai wadah untuk memberikan kesempatan Anjal memamerkan kemampuan dan talentanya.

Menurutnya, kemampuan dan talenta itu perlu diberikan apresiasi agar bisa memberikan manfaat bagi para Anjal.

“Dengan festival, mereka bisa menunjukkan bakat agar bisa berkreasi, berinovasi dan menampilkannya di depan juri,” katanya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bekasi juga  memperhatikan dari aspek sosial seperti sekolahnya, atau juga yayasan/lembaga yang mendorong bagaimana mereka bisa terus sekolah atau yayasan perlu didorong dan diberi motivasi agar selalu tetap ada dan hidup.

Sementara itu, Abdillah Majid selaku Kepala Dinas Sosial (Dinsos)  mengatakan, tujuan ajang festival ini sendiri agar Anjal bisa terarah dan tidak asal-asalan kembali turun ke jalan.

“Kami akan membuat sanggar sekolah seni, pondok sehingga mereka bisa terarah dan terdidik serta menyalurkan bakat-bakat mereka, yang penting bisa menampung mereka untuk bisa berekspresi supaya mereka tidak liar di jalan,” tuturnya.

Abdillah memaparkan, selain itu mereka juga diberikan latihan penyaluran bakat jika mereka masih usia sekolah akan dibawa ke yayasan atau pondok yang nanti mereka bisa melanjutkan sekolahnya kembali.

“Ini upaya penanganan kami Dinsos agar anak jalanan berkurang dan mereka bisa kembali sekolah,” paparnya. [RED]

Tinggalkan Balasan