Beranda Berita Utama Pemkab Bekasi Janji Rehab Total SDN Samudrajaya 04 Tahun Ini

Pemkab Bekasi Janji Rehab Total SDN Samudrajaya 04 Tahun Ini

0
Tampak siswa-siswi SDN Samudrajaya o4 sedang mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di ruangan kelas yang lantai keramiknya mengelupas, Senin (20/1/2020). Foto: Istimewa.

SUARA BEKASI ONLINE, Cikarang Pusat: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), mengatakan pada tahun ini siap menggelontorkan anggaran untuk kegiatan rehab total SDN Samudrajaya 04.

“Sudah kita siapkan dalam anggaran perubahan tahun 2020 ini untuk kegiatan rehab total,” kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Jamary Tarigan kepada suarabekasi.id, di Cikarang Pusat, Rabu (22/1/2020).

Menurut Tarigan sapaan karibnya, Dinas PUPR berencana merehabilitasi gedung SDN Samudrajaya 04 yang kondisinya sudah rusak parah.

Sedangkan untuk gedung yang lainnya, kata dia, pihaknya berencana akan memperbaikinya melalui anggaran pemeliharaan.

“Yang akan kita rehab total empat ruang kelas, yakni kelas 4, 5, 6, dan ruangan kepala sekolah,” kata Tarigan.

Baca juga: Komisi V DPR: Jika Pemkab Bekasi Tak Mampu Bangun SDN Samudrajaya 04, Biarkan Kami yang Urus

Disinggung apakah dapat diselesaikan pekerjaan rehab totab tersebut lantaran waktu pengerjaannya berada di akhir tahun anggaran, mantan Kepala Bappeda dan Staf Ahli Bupati itu meyakini waktu tiga bulan cukup untuk pekerjaan tersebut.

“Idealnya, bulan Juli kita sudah mulai persiapan lelang anggaran perubahan (ABT, red), dan September sudah mulai pekerjaan konstruksinya, dengan begitu di bulan Desember sudah selesai pekerjaan itu,” Tarigan membeberkan.

Meski demikian, lanjut dia, tahapan waktu pekerjaan tersebut dapat berjalan mulus jika kegiatan APBD 2020 ini secepatnya dapat dilaksanakan di awal-awal tahun anggaran.

“Bulan Maret ini kegiatan APBD murni akan kita gelar, dengan harapan serapan anggaran yang maksimal, dan juga kualitas hasil pembangunan yang bagus,” tukasnya.

Baca juga: Dewan Desak PUPR Segera Perbaiki SDN Samudrajaya 04 Tahun Ini Juga

Misalkan meleset, lanjut Tarigan, pihaknya akan tetap berupaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki kondisi sekolah tersebut dengan cara yang lain.

“Intinya kita akan berjuang keras untuk tetap memperbaikinya,” tutup Tarigan.

Kepala Bidang Bangunan Negara pada Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Benny Sugiarto Prawiro menambahkan untuk rencana kegiatan rehab total SDN Samudrajaya 04 sebanyak empat lokal memerlukan anggaran sebesar Rp1,8 Miliar.

“Sekitar Rp1,8 Miliar, itu pun jika konstruksi bangunannya tidak ditingkat,” singkatnya seraya berharap rencana rehab total SDN Samudrajaya 04 dapat terwujud pada tahun ini.

Baca juga: Murid SDN Samudrajaya 04: Pak Lurah, Pak Camat, Pak Bupati, Pak Kepala Dinas Tolong Perbaiki Sekolah Saya!

Diketahui, saat ini jagad media sosial di tanah air dihebohkan dengan sebuah video murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) Samudrajaya 04 yang terletak di Kampung Tiga Bagian Desa Samudrajaya Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi Jawa Barat (Jabar). Dengan wajah-wajah yang lucu mereka meminta-minta tolong agar sekolah mereka yang rusak parah segera diperbaiki.

Video viral itu dikirim oleh akun Instagram @_ahmedzamzam dan diunggah akun Instagram @bekasi_24_jam pada Jumat (17/1/2020). Kini video itu telah dilihat puluhan ribu lebih dengan ribuan komentar.

Akun @bekasi_24_jam dalam caption-nya menuliskan sebuah video menggambarkan sekumpulan anak Sekolah Dasar (SD). Mereka menyebut berasal dari SD Samudrajaya 04. Diketahui sekolah itu berada di Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.

Dalam video itu, salah seorang di antaranya mengatakan meminta bantuan kepada pemerintah setempat untuk upaya perbaikan sekolah. Pasalnya, kondisi sekolah dibilang tidak nyaman untuk kegiatan belajar mengajar.

Para murid yang menggunakan seragam pramuka itu berjajar dengan satu murid berada paling depan dan mengucapkan permohonan agar SD Negeri tempat mereka bersekolah segera diperbaiki. [KAR]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini