Beranda Berita Utama Pemkab Bekasi Jamin Stok Sembako Aman Jelang Akhir Tahun

Pemkab Bekasi Jamin Stok Sembako Aman Jelang Akhir Tahun

0
Warga Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu antre menyerbu paket sembako yang dijual setengah harga . Foto: Humaspro.

SUARA BEKASI ONLINE, Cikarang Pusat: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Ketahanan Pangan, mengatakan ketersediaan bahan pangan pokok (sembako) di pasar menjelang tahun baru dalam kondisi aman dan tercukupi.

“Walaupun dalam kondisi tercukupi, terdapat kenaikan harga di beberapa bahan pangan. Hal itu berkenaan dengan meningkatnya permintaan akan bahan makanan di setiap akhir tahun,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Wahyudi Asmar kepada wartawan, di Cikarang, Rabu (11/12/2019).

Kendati demikian, lanjut Wahyudi, kenaikan tersebut masih dalam batas toleransi. Seperti telur yang sebelumnya Rp22.000,-/kg merangkak naik menjadi Rp25.000-26.000,-/kg.

“Kalau bahan pokok seperti beras, daging, telur, sayuran dan lain sebagainya memang ada kenaikan di akhir tahun. Namun, untuk beras, Kabupaten Bekasi telah memproduksi 80% dari kebutuhan tahunan daerah, jadi cenderung lebih aman dan stabil (persediannya),” ungkap Wahyudi.

Imengakui, secara harga daging sapi lebih mahal di pasar tradisional dibandingkan dengan pasar modern,.

Sebab, kata dia, pasar tradisional mengambil stok sapi lokal yang jumlahnya sudah berkurang secara nasional.

“Selain itu, kebutuhan daging di Kabupaten Bekasi 42,075 ton per hari, sedangkan wilayah kita hanya bisa memproduksi 10 persen dari angka tersebut. Jadi, selebihnya kita datangkan dari luar daerah, seperti Bali, Jawa, NTB, Sulawesi, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Lebih jauh Wahyudi menjelaskan, untuk mengantisipasi keterbatasan daya beli masyarakat atas bahan makanan, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi bekerja sama dengan Bulog, telah memberikan bantuan subsidi bahan pokok melalui Bazaar Murah pada 2 dan 3 Desember silam.

Menurutnya, lebih dari seribu paket dijual setengah harga kepada warga Desa Hegarmanah Kecamatan Cikarang Timur, dan Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu. Paket tersebut terdiri dari telur, beras, gula, minyak, dijual seharga Rp50.000,- dari harga Rp 110.000,-.

“Nantinya, sisa harga yang senilai Rp60.000,- dibayarkan ke Bulog dengan disubsidi menggunakan APBD Kabupaten Bekasi,” tandas Wahyudi.

Ia menambahkan, untuk mengetahui harga bahan pokok harian, Dinas Ketahanan Pangan telah menyediakan informasi harga yang dapat diakses di laman www.bekasilab.biz.id/hasopangan. [RYN]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini