Banner Idul Fitri 1440H

SUARA BEKASI ONLINE, Cikarang Pusat: Untuk mempermudah akses masyarakat mendapatkan pelayanan kependudukan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil memberikan pelayanan keliling di 164 desa. Pelayanan keliling ini dilakukan sejak awal Mei 2019.

Pelayanan keliling ini bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Bekasi. Karena tujuan dari pelayanan ini yakni memudahkan masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan serta untuk memfasilitasi Program Keluarga Harapan (PKH).

Hal tersebut sesuai dengan Permendagri Nomor 19 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk). Serta hasil sosialisasi peningkatan status hukum anak pada 24 April 2019 dengan para peserta pendamping PKH.

Pelayanan adminduk oleh Dinas Kependudukan yang bekerja sama dengan Dinas Sosial ini terlebih dulu dilakukan di tiga desa. Yakni Desa Cicau, Pasirranji dan Pasirtanjung. Tiga desa itu mendapat jatah pelayanan sejak 6-7 Mei 2019.

Pelayanan keliling dilanjutkan kembali di lima desa di Kecamatan Bojongmangu. Yakni pada 8-9 Mei 2019. Sedangkan dua desa lainnya di kecamatan tersebut dilakukan pada 13-14 Mei 2019.

“Program ini sebagai upaya kerjasama kita dengan Dinsos dalam PKH. Pelayanan mobil keliling ini kita jadwalkan sampai ke 168 desa hingga akhir November 2019,” kata Kabid Catatan Sipil pada Dinas Dukcapil Kabupaten Bekasi, Bambang Budiharjo.

Pelayanan keliling ini melibatkan 171 pendamping PKH. Mereka bertugas untuk memfasilitasi kelompok sasaran PKH saat mengurus dokumen kependudukan.

“Pelayanan keliling ini akan melayani penerbitan akta kelahiran dan penerbitan akta kematian. Adapun ketentuan dan persyaratan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Bambang berharap program pelayanan keliling ini berjalan optimal. Sehingga masyarakat yang belum memiliki kelengkapan dokumen kependudukan catatan sipil bisa diketahui hingga pelosok.

“Kami juga berharap Dinas Sosial dapat memerintahkan kepada para pendamping PKH agar mengambil langkah persiapan. Serta mensosialisasikan kepada kelompok sasaran PKH,” ungkapnya. [SEP] 

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here