Beranda Berita Utama Pemkab Bekasi beri Bantuan Air untuk Wilayah Cibarusah

Pemkab Bekasi beri Bantuan Air untuk Wilayah Cibarusah

0
Ilustrasi
Ilustrasi

SUARA BEKASI ONLINE, Cibarusah: Memasuki musim kering, Pemerintah Kabupaten Bekasi mencatat sedikitnya terdapat tiga desa di Kecamatan Cibarusah yang mengalami kekeringan, diantaranya Desa Ridogalih, Ridomanah dan Sirnajati.

Untuk itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Uju mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bekasi mencoba mengatasi kekeringan dengan memberikan bantuan air bersih.

“Sebelumnya kita sudah melakukan pengeboran untuk mencari sumber air baru di Cibarusah. Bahkan, pengeboran dilakukan dengan memanfaatkan citra satelit untuk menemukan sumber air,” katanya.

Namun dari upaya pengeboran itu, kata Uju, tidak membuahkan hasil maksimal. Karena sumber air hanya ditemukan saat musim hujan. Sedangkan ketika musim kemarau, sumber air menjadi kering.

“Karena memang kondisinya demikian. Sulit mencari sumber air di Cibarusah karena lokasinya dataran tinggi. Air dari Sungai Cipamingkis pun tidak maksimal. Karena kalau musim kemarau debitnya turun juga,” katanya.

Meski demikian, lanjut Uju, Pemkab Bekasi merencanakan pembangunan embung di sejumlah titik lokasi kekeringan. Embung ini nantinya dapat digunakan untuk menampung air saat musim hujan.

Pembangunan embung yang akan menjadi sumber air saat musim kemarau ini diharapkan menjadi solusi jangka panjang saat kekeringan.

“Embung itu sudah masuk ke Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah. Rencananya feasibility study akan dilakukan tahun depan lalu fisiknya 2021,” katanya.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, pendistribusian air bersih untuk warga yang terdampak kekeringan di Cibarusah dilakukan sejak 21-26 Juni 2019.

Selama enam hari itu, BPBD Kabupaten Bekasi sudah mendistribusikan 25 ribu liter air bersih kepada 830 kepala keluarga dari tiga desa kekeringan di Cibarusah. [SEP]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini