Partai Hanura
Parpol Koalisi Sesalkan Keputusan Jokowi (Foto: Okezone)

SUARA BEKASI, Jakarta: Pembatalan pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan (BG) sebagai Kapolri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) disesalkan banyak pihak, termasuk kader partai koalisi. Seperti diungkapkan anggota DPR RI Fraksi Partai Hanura, Syarifuddin Sudding.

Menurut Sudding, Jokowi seharusnya melantik BG karena telah mendapatkan persetujuan dari DPR untuk menggantikan Kapolri sebelumnya Jenderal Sutarman.

“Ya kami masih tetap beranggapan bahwa nama yang sudah diajukan presiden kemarin lalu mendapat persetujuan di dewan seharusnya itu ditindaklanjuti presiden dalam bentuk pelantikan, kan begitu,” ungkap Sudding kepada wartawan, Kamis (19/2/2015).

Kata Sudding, anggota Komisi III belum mau membahas rencana fit and proper test terhadap Komjen Pol Badrodin Haiti yang ditunjuk Jokowi sebagai calon baru Kapolri pengganti BG. Pihaknya masih akan mengkaji terlebih dahulu alasan Jokowi membatalkan pelantikan BG dan juga penunjukan Badrodin sebagai calon Kapolri.

“Saya kira kita belum bicara masalah menyangkut fit and proper test terlebih dahulu, kita masih akan kaji dulu surat alasan pembatalan dari Jokowi ini,” jelasnya.

Sudding juga belum mau berandai-andai apakah Badrodin sebagai calon baru yang diusulkan Jokowi bakal disetujui oleh DPR untuk selanjutnya dilantik menjadi Kapolri.

“Apakah nama baru yang diusulkan Jokowi akan ditindaklanjuti oleh DPR atau tidak, kita belum ke arah sana,” pungkasnya. [MAN/OKE]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here