Herman Hanafi
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Herman Hanafi. FOTO: DIKA/SUARA BEKASI

SUARA BEKASI, Cikarang Utara: Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Herman Hanafi, mengatakan keberadaan CCTV yang terpasang di beberapa titik jalan di Kabupaten Bekasi rencananya akan menggunakan kabel fiber optik yang akan dibangun Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

“Memang ada rencana untuk menggunakan jaringan kabel fiber optik yang akan dibangun Diskominfo untuk lebih cepat kerjanya,” ujarnya kepada wartawan saat ditemui di Gedung Bupati, Rabu (‎20/5/2015).

Menurut Herman, video CCTV yang dipasang di beberapa titik jalan jaringannya masih menggunakan jaringan kabel telkom atau wifi. Jaringan kabel milik telkom terkadang sering lemot akibat penyatuan frekuensi yang ada, sehingga kerja CCTV tidak berjalan secara maksimal pada akhirnya.

Rencananya untuk menggunakan kebel fiber optik yang dikelola Diskominfo, kata Herman, cara kerja CCTV yang berada di beberapa titik jalan yang rawan kemacetan. Seperti di persimpangan Kompas, Tol Cibitung, SGC dan Lemah Abang akan mudah diakses dan tidak mengalami kelambatan frekuensi seperti yang ada sekarang.

“Kalau gunakan kabel jaringan telkom terlalu padat dengan frekuensi yang ada, sehingga kerja CCTV sering lambat diakses,” beber mantan Asda I ini.

Lebih jauh ia membeberkan, pihaknya belum mengetahui persis seperti apa cara kerja menggunakan jaringan fiber optik tersebut.

Pihaknya akan selalu siap untuk bersinergi dengan Diskominfo dalam memberikan kemudahan akses teknologi ‎melalui manfaat kabel optik yang ada.

Disinggung perlunya posko bersama berupa data center dengan Kominfo untuk akses kemacetan, sambung Herman, saat ini di Dishub sudah ada sendiri.

Namun, hanya tinggal di jaringannya saja yang dibutuhkan jaringan yang cepat kerjanya dan mudah diakses melalui android di HP.

“Dishub siap bersinergi dengan Diskominfo soal perangkat teknologi yang mendukung pengamatan di jalan berupa CCTV agar bekerja cepat tanpa ada hambatan apapun,” pungkasnya. [DIK]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here