Kadishub, Herman Hanafi
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, H. Herman Hanafi. FOTO: WISNU WIRIAN/SUARA BEKASI

SUARA BEKASI, Cikarang Utara: Untuk memantau kemacetan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi berencana memasang CCTV di seluruh titik jalan yang rawan macet. Hal itu diutarakan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Herman Hanafi.

“Memang rencana pemasangan CCTV untuk pemantauan langsung yang dilakukan Dinas Perhubungan terhadap kondisi jalan yang sering alami kemacetan,” ujar Herman Hanafi, saat berbincang dengan Suara Bekasi, di ruang kerjanya, Kamis (5/2).

Dikatakan Herman, rencana pemasangan CCTV baru akan dilaksanakan pada pemasangan videonya saja, lantaran anggarannya dialihkan untuk pembangunan kantor Dishub.

Meski demikian, katanya, kedepannya tetap akan menjadi prioritas Dishub untuk tetap memasang CCTV.

Untuk sementara, sambung Herman, sudah ada tiga lokasi yang rencananya akan dipasang CCTV, di antaranya lampu merah Legenda, SGC dan lampu merah Perempatan Cibitung.

Selain itu, lanjut Herman, rencananya CCTV yang terpasang juga dapat menggunakan jaringan fiber optic agar layanannya bisa update, cepat dan gambarnya lebih jernih dibanding menggunakan jaringan wifi.

“Sementara ditunda dulu, sembari menunggu anggaran di perubahan, dan penginnya jaringan menggunakan kabel fiber optic yang dapat meng-update cepat dan jernih gambarnya ketimbang wifi yang lemot?,” beber mantan Asda Satu ini.

Masih menurut Herman, untuk kendala di lapangan pasti sudah ada, seperti kondisi cuaca yang tidak bersahabat menyebabkan terjadinya gangguan, sehingga gambarnya tidak begitu bagus.

Bahkan, kata dia, dari pihak Telkom sudah menyampaikan bahwa jaringan kabel yang ada sekarang masih tembaga dan itu pun hanya 1 mega saja. Padahal kebutuhannya bisa mencapai 8 mega.

?Herman Hanafi mengaku, pihaknya sudah ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bekasi untuk membicarakan rencana pemasangan CCTV, dan pihak Diskominfo bersedia membantunya.

“Jaringan CCTV yang bagus menggunakan kabel optik ketimbang wifi, karena memiliki perangkat yang canggih,” pungkasnya. [DIK]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here