Beranda Berita Utama Pangkas Birokrasi Berbelit, Eka Bikin Gebrakan Layanan Satu Pintu

Pangkas Birokrasi Berbelit, Eka Bikin Gebrakan Layanan Satu Pintu

0
Bupati Bekasi, H. Eka Supria Atmaja didampingi Sekretaris Daerah, Uju dan jajaran saat meninjau langsung persiapan pelayanan publik menjelang tahun 2020, di kantor DPMPTSP Kabupaten Bekasi, Selasa (31/12/2019). Foto: Humaspro.

SUARA BEKASI ONLINE, Cikarang Pusat: Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi Jawa Barat (Jabar) melakukan berbagai terobosan untuk menata dan membenahi semua sistem pelayanan publik di wilayah setempat agar memudahkan masyarakat.

Salah satunya melakukan langkah konkret dalam percepatan penyederhanaan birokrasi melalui pelayanan satu pintu yang terpusat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi.

“Semua dinas teknis terkait pelayanan tidak ada lagi. Tidak akan dilayani, semua sudah kita siapkan di sini (DPMPTSP),” kata Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, kepada sejumlah awak media usai melihat persiapan pelayanan di kantor DPMPTSP Kabupaten Bekasi, Selasa (31/12/2019).

Baca juga: Pastikan Berjalan Optimal, Bupati Pantau Pelayanan One Day Service

Kehadiran orang nomor satu itu untuk melihat langsung kesiapan pelayanan publik di kantor DPMPTSP Kabupaten Bekasi.

Hal itu dilakukan Eka sebagai upaya pemenuhan dan perbaikan pelayanan publik di Kabupaten Bekasi untuk tahun 2020 mendatang.

“Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) memang harus betul-betul satu pintu. Saya mengecek pelayanan OSS semua tidak ada kendala, nomor antrian, ruang rapat terkait dinas teknis sudah siap semua. Sudah jauh lebih baik. Tidak ada lagi orang-orang mengurus surat harus ke dinas teknis. Semuanya sudah satu pintu,” Eka membeberkan.

Masih menurutnya, saat ini perkembangan pelayanan DPMPTSP sudah lebih baik dari sebelumnya. Dapat dilihat dengan perubahan prosedur pendaftaran izin, yang saat ini sudah dapat dilakukan baik secara online atau pun manual.

“Pelaksanaannya dilakukan di loket secara terpisah dengan fasilitas ruangan yang memadai sesuai kebutuhan masyarakat, di antaranya ruang bermain anak dan perluasan loket antrian,” pungkas Eka.

Baca juga: Pemkab Bekasi Terima Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik

Sementara itu, Sekretaris DPMPTSP Kabupaten Bekasi, Yan Yan Akhmad Kurnia menjelaskan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin sebagai refleksi akhir tahun Bupati Bekasi untuk melihat persiapan pelayanan untuk tahun 2020 mendatang.

“Pada intinya, semua perizinan di Kabupaten Bekasi, kecuali kependudukan mungkin, semua sudah dilakukan di DPMPTSP. Jadi, tidak lagi dilakukan di dinas. Walaupun pengerjaannya, ada beberapa pengelolaannya ada di Dinas, tetapi masyarakat mengajukan izinnya langsung ke sini. Nanti, dari sini diproses oleh tim teknis. Ya, tim teknisnya dari masing-masing dinas,” ungkap Yan Yan kepada wartawan.

Baca juga: Ini Dia Kebijakan Baru Pelayanan Perizinan di Kabupaten Bekasi

Ia berharap, dengan perubahan perbaikan fasilitas pelayanan publik di DPMPTSP dapat dirasakan masyarakat luas, dapat dilayani dengan sarana dan prasarana yang menunjang.

“Salah satu unsur dari pelayanan publik itu adalah pelayanan dari tempat. Bagaimana kenyamanan pelanggan, kenyamanan masyarakat dalam melakukan permohonan perizinan,” kata Yan Yan. [MAN]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini