Plt. Bupati Bekasi, H. Eka Supria Atmaja, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Sri Enny Mainiarti, saat mengecek kondisi Dhio Andrian di kediamannya di Desa Mangunjaya Kecamatan Tambun Selatan, Ahad (10/2/2019). Foto: Istimewa.

SUARA BEKASI ONLINE, Tambun Selatan: Dhio Andrian (13), anak penderita tumor lidah akhirnya akan ditangani medis. Hal itu dilakukan setelah pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi berhasil membujuk keluarga Dhio dengan mendatangi rumahnya di RT. 02/01 Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (Jabar).

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, usai bertemu dengan keluarga Dhio mengungkapkan jika keluarga Dhio sudah mengizinkan untuk ditangani medis secara intensif.

“Pemda Kabupaten Bekasi akan membantu maksimal sampai Dhio sehat dan normal kembali,” ujar Eka Supria Atmaja saat mengunjungi kediaman keluarga Dhio didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial, Camat Tambun Selatan dan Kepala Desa Mangunjaya, Ahad (10/2/2019).

Baca juga: Lumpuh Sejak Usia 6 Bulan, Kondisi Haikal Makin Mengenaskan

Eka menjelaskan, dirinya mendapatkan informasi mengenai kondisi Dhio dari Camat Tambun Selatan dan juga Kepala Dinas Kesehatan.

Pada awalnya, kata Eka, keluarga Dhio merasa khawatir jika proses pengobatan melalui operasi akan berdampak pada organ tubuh Dhio lainnya.

Namun, setelah pihak keluarga Dhio berhasil diyakinkan akhirnya mau dibawa ke rumah sakit, dan Pemerintah Kabupaten Bekasi akan membantu segala proses penyembuhan Dhio hingga normal.

“Besok Dhio akan dibawa ke RSUD untuk dapat penanganan medis. Namun, kemungkinan besar setelah itu akan dirujuk ke rumah sakit besar yaitu RS. Dharmais,” kata Eka yang mengunjungi kediaman Dhio menggunakan sepeda motor di sela agenda yang cukup padat di akhir pekan.

Pegawai Puskesmas Mangunjaya saat melihat kondisi Dhio Andrian. Foto: Istimewa.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti, mengatakan jenis tumor yang dialami siswa kelas VII SMP itu adalah tumor yang tergolong tidak ganas.

“Itu memang sejenis penyakit tumor, namun tidak ganas,” kata Enny.

Enny menegaskan, jenis penyakit tumor yang dialami Dhio dapat disembuhkan dan efeknya terhadap organ tubuh lainnya kumungkinannya relatif kecil.

Alhamdulillah, setelah diberikan penjelasan pihak keluarga mengerti untuk dilakukan operasi,” katanya.

Baca juga: Dinas Kesehatan: Kunci Pola Hidup Sehat adalah CERDIK

Sementara itu, Kepala Desa Mangunjaya, Idi Rohidi, mengatakan pihaknya sudah berusaha maksimal untuk membantu, namun keluarga Dhio tetap takut jika nanti ada efek sampingnya.

Menurutnya, Puskesmas Mangunjaya sudah beberapa kali menyarankan untuk dilakukan operasi, tapi pihak keluarga Dhio mengkhawatirkan ada efek sampingnya.

“Pemerintah Desa akhirnya meminta pernyataan dari pihak keluarga Dhio, soalnya mereka kekeuh gak mau dioperasi,” kata Idi Rohidi. [MAN]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here