Beranda Berita Utama Musim Panen Tiba, Dinas Pertanian Kawal Peningkatan Produktivitas Padi

Musim Panen Tiba, Dinas Pertanian Kawal Peningkatan Produktivitas Padi

0
Tampak jajaran Pegawai Dinas Pertanian saat terjun langsung memantau kondisi musim panen padi yang sedang berlangsung di beberapa wilayah Kabupaten Bekasi. Foto: Istimewa.

SUARABEKASI.ID, CIKARANG PUSAT: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Pertanian terus berupaya untuk meningkatkan produktivitas padi guna mengejar produksi pasca dampak perubahan iklim (DPI).

Pantauan di lapangan, saat ini panen padi sedang berlangsung di beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Bekasi. Seperti terlihat di Kecamatan Tarumajaya, Cabangbungin, Sukakarya, Pebayuran, dan Karangbahagia.

“Panen yang terbaru di Tarumajaya hari ini Selasa 28 November, di luas lahan 56 hektar dengan varietas Inpari 32, dihadiri Pak Kepala Dinas Pertanian Abdillah Majid, Sekcam Tarumajaya, Pj Kades Samudera Jaya. Semoga ini dapat mengejar kehilangan produksi padi pasca dampak perubahan iklim,” ungkap Subkoordinator Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dodo Hadi Triwardoyo, di Cikarang Pusat, Selasa (28/11/2023).

Baca juga: Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Imbau Percepatan Tanam Serempak

Ia menjelaskan, selain panen padi, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi menyerahkan bantuan benih padi kepada petani di Tarumajaya dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia bersumber dari anggaran pusat, serta bantuan dari anggaran Pemkab Bekasi.

Disinggung soal mulai adanya pergantian musim dari kemarau ke musim hujan, ia menjelaskan pihaknya tengah melakukan identifikasi potensi rawan banjir di sejumlah wilayah kecamatan yang memiliki lahan pertanian dan gerakan percepatan tanam.

“Menghadapi awal musim penghujan ini, kami memberikan bantuan benih sebagai upaya percepatan tanam. Kemudian pergantian varietas padi yang tahan genangan,” kata Dodo. [MAU/DIS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini