Sekretaris MUI Kabupaten Bekasi, KH. Muhiddin Kamal. Foto: Diskominfosantik.

SUARABEKASI.ID, Cikarang Pusat: Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bekasi mengimbau masyarakat yang masih berada di zona merah Covid-19 agar melaksanakan sholat Idul Adha di rumah saja.

Pasalnya, sekira 3 (tiga) pekan lagi umat Muslim akan menyambut dan merayakan Hari Raya Idul Adha yang akan jatuh pada 20 Juli 2021.

Sekretaris MUI Kabupaten Bekasi, Muhiddin Kamal, mengatakan bagi masyarakat yang berada di zona kuning, sholat Idul Adha bisa dilakukan di masjid terdekat dengan menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

“Kalau zona merah di rumah saja, sementara zona kuning boleh sholat Idul Adha di Masjid dengan menerapkan protokol yang ketat 5M,” ujar Sekretaris MUI Kabupaten Bekasi, Muhiddin Kamal, di Cikarang, Rabu (30/06/21).

Ia menjelaskan, MUI telah bekerja sama dengan Pemerintah Desa, Polres dan Kodim untuk menerapkan himbauan sholat Idul Adha itu.

Pemetaan zonasi wilayahnya, kata dia, disesuaikan dengan pendataan yang jelas dan terarah dari PPKM-Mikro.

Baca juga: Ketua MUI Kabupaten Bekasi Kunjungi Ponpes Al-Baqiyatussholihat

Ia menambahkan, berdasarkan kaidah ajaran Islam, pelaksanaan sholat Idul Adha bisa diganti dari sholat berjamaah di Masjid menjadi sholat di rumah.

“Kaidah tentang sholat tersebut bisa diganti, seperti halnya sholat Jumat bisa diganti dengan solat dzuhur di rumah. Sholat berjamaah diganti sendiri karena itu panduan yang ada sejak zaman Rosul,” pungkasnya. [RYN]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here