Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bekasi, Hj. Holilah Eka Supria Atmaja tengah menyampaikan sambutan dalam kegiatan monitoring dan evaluasi nominasi juara Lomba Kesrak PKK Bangga Kencana Kesehatan dan Posyandu, di Desa Bojongmangu Kecamatan Bojongmangu, Senin 12/10/2020). Foto: Humaspro.

SUARABEKASI.ID, Bojongmangu: Tim Penggerak PKK Kabupaten Bekasi bersama jajaran dinas terkait melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) untuk monitoring dan evaluasi nominasi juara Lomba Kesrak PKK Bangga Kencana Kesehatan dan Posyandu.

Kunker ke Desa Bojongmangu Kecamatan Bojongmangu pada Senin (12/10/2020) itu secara langsung tim disambut oleh Camat beserta Kepala Desa Bojongmangu dan juga seluruh perangkat desa dan kader PKK.

Kepala Desa Bojongmangu, Ibut Jari menyampaikan rasa terima kasihnya serta berharap bimbingan serta evaluasi terhadap kinerja tim penggerak PKK Desa Bojongmangu khususnya, yang sekiranya perlu untuk dibenahi dan diperbaiki.

Ibut juga berharap agar nantinya Desa Bojongmangu dapat meraih juara dalam penilaian lomba melalui monitoring dan evaluasi ini.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Bojongmangu, Juju yang juga istri Kepala Desa mempresentasikan capaian kinerja kadernya dalam menyukseskan kegiatan tahunan tersebut.

Dirinya menjelaskan bahwa dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat yang sebelumnya tidak mengerti KB kini lebih memahami pentingnya KB, lingkungan yang sebelumnya kumuh dan kurang sehat sekarang menjadi asri dan nyaman.

Prioritas lainnya adalah ketahanan keluarga serta pendidikan dan kesehatan anak agar terbentuknya keluarga yang berkualitas.

“Perlu diketahui bahwa saat ini kami sedang gencar-gencarnya mempromosikan perilaku hidup sehat terhadap masyarakat, baik dari segi makanan yang dikonsumsi harus bersih dan sehat, selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, mengenakan masker serta menjaga jarak setiap pertemuan agar terhindar dari virus corona,” tandasnya.

Fose bersama usai kegiatan monitoring dan evaluasi nominasi juara Lomba Kesrak PKK Bangga Kencana Kesehatan dan Posyandu, di Desa Bojongmangu Kecamatan Bojongmangu, Senin 12/10/2020). Foto: Humaspro.

Menurutnya, beberapa program pelatihan yang telah dilaksanakan oleh dinas dan instansi terkait seperti Dinas Perindustrian dan Dinas Tenaga Kerja melalui pelatihan menjahit masker, sehingga peserta pelatihan mampu membuat masker sendiri untuk nantinya dibagikan bagi kader dan warga masyarakat setempat.

Selain itu dalam bidang Posyandu, kegiatan bimbingan Ibu Bidan dan Kepala Puskesmas tetap memberikan pelayanan terhadap balita dan ibu hamil sesuai protokol kesehatan ditengah kondisi Pandemi Covid-19.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bekasi, Holilah Eka Supria Atmaja dalam sambutannya di hadapan para kader PKK dan undangan yang hadir mengatakan bahwa mulai hari ini PKK Kabupaten Bekasi melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan dan Posyandu ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, bisa menambah semangat kader PKK, para kepala dinas dan stakeholder terkait yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini, dan semoga PKK Kabupaten Bekasi dua kali tambah baik,” ucap Holilah.

Holilah juga menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi atas kinerja Ketua Penggerak PKK Desa Bojongmangu dalam pelaksanaan Kesrak khususnya di Desa Bojongmangu, termasuk para stakeholder terkait yang telah membantu suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini.

“Terima kasih kepada Ketua Tim Penggerak PKK Desa Bojongmangu, instansi dan stakeholder yang telah bekerja keras dan berusaha untuk terselenggaranya kegiatan ini, semoga mendapatkan nilai yang terbaik untuk nantinya menjadi juara di tingkat provinsi,” pungkasnya.

Baca juga: Ketua TP PKK Jabar Tinjau Lokasi Dapur Umum Desa Lambangsari

Dalam kegiatan monitoring tersebut, Kader PKK setempat melakukan simulasi pelayanan Posyandu dengan penerapan protokol kesehatan, dengan menggunakan APD sesuai standar seperti penyediaan ruang tunggu untuk warga yang diberi jarak antara kursi satu dengan yang lain, pengecekan dan pemeriksaan suhu tubuh, pengukuran berat badan bagi bayi dan balita, pemberian vaksin dan vitamin, konsultasi ibu hamil, dan pelayanan posyandu lainnya.

Rombongan juga diajak untuk mengunjungi Kampung KB yang terletak di Kampung Cibeleuh, yang merupakan kampung percontohan tentang pengetahuan seputar Keluarga Berencana dan sebagai sarana promosi untuk gerakan hidup sehat, khususnya untuk masyarakat yang ada di Desa Bojongmangu.

Tidak hanya itu, rombongan juga mengunjungi Kampung Percontohan P2WKSS. Rombongan menyaksikan langsung proses panen jamur, mencoba menikmati beberapa panganan hasil olahan jamur dan meninjau peternakan dan tanaman sayur yang semuanya dikelola oleh masyarakat setempat di bawah naungan dinas-dinas terkait.

Baca juga: Ini Pesan Bupati Bekasi Dalam Rakor Gerak PKK

Diketahui, Program Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan dan Posyandu merupakan bentuk intensifikasi peran PKK dalam program KB Nasional dan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan secara terpadu lintas instansi.

Program ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang merata dalam upaya meningkatkan kesehatan keluarga, mulai dari lingkungan rumah yang bersih, sehat, dan berkualitas.

Program ini diharapkan bisa membantu pemerintah mengatasi stunting serta memutus rantai penyebaran Covid-19. Minimal membantu menyosialisasikan kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Pasalnya, sangat erat kaitannya dengan tema yang diusung PKK yakni melalui kesatuan gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan dan Posyandu kita tingkatkan kepedulian bersama untuk hidup sehat dan sejahtera dalam adaptasi kebiasaan baru menuju Indonesia Maju. [RYN]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here