Bupati Bekasi, H. Eka Supria Atmaja didampingi Camat Tarumajaya dan Kepala Desa Samudrajaya saat fose bersama siswa-siswi dan tenaga pengajar SDN Samudrajaya 04, dan berjanji akan segera memperbaiki ruang kelas yang rusak, Senin (03/2/2020). Foto: Sabar/suarabekasi.id

SUARA BEKASI ONLINE, Tarumajaya: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi Jawa Barat (Jabar) dalam waktu dekat segera memperbaiki gedung SDN Samudrajaya 04 yang terletak di Kampung Tambun Tiga Bagian Desa Samudrajaya Kecamatan Tarumajaya.

Hal itu dikatakan Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, dalam rangkaian kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Tarumajaya yang digelar di Gedung Serba Guna Kecamatan Tarumajaya, Senin (03/2/2020).

“Akan kita perbaiki secepatnya. Perbaikannya akan dilaksanakan secara bertahap yang nantinnya akan diatur kemudian. Intinya, tidak akan mengganggu kegiatan belajar mengajar siswa,” kata Eka kepada sejumlah awak media usai meninjau beberapa ruang kelas yang kondisinya sudah tidak memungkinkan.

Baca juga: Bertemu Bupati Bekasi, Ahmad Syaikhu Minta SDN Samudrajaya 04 Segera Diperbaiki

Eka menjelaskan, pihaknya akan melakukan perbaikan besar (rehab total) terhadap gedung SDN Samudrajaya 04 yang kondisinya sudah rusak parah dan tidak memungkinkan untuk dilakukannya kegiatan belajar mengajar siswa.

Hal itu menurutnya agar program perencanaan pembangunan sekolah-sekolah SD Negeri di Kabupaten Bekasi dapat terselesaikan dengan baik dan tepat sasaran.

“Kita lihat kondisinya aja. Kalau melihat kondisi seperti itu, bisa saja dilakukan perbaikan besar, kalau perbaikan kecil tidak akan selesai,” katanya.

Disinggung soal sumber anggaran untuk kegiatan perbaikan sekolah tersebut, Eka mengatakan akan menggunakan anggaran dari APBD Kabupaten Bekasi Tahun 2020.

“Ya menggunakan anggaran APBD,” ungkap Eka tanpa memerinci apakah dalam APBD Murni ataukah Perubahan.

Di hadapan wartawan, Bupati Bekasi, H. Eka Supria Atmaja mengatakan akan segera memperbaiki gedung SDN Samudrajaya 04 pada tahun ini dari APBD Kabupaten Bekasi, Senin (03/2/2020). Foto: Sabar/suarabekasi.id.

Masih menurut Eka, dalam proses pembangunannya nanti akan diselesaikan beberapa kelas terlebih dahulu. Untuk ruang kelas yang kondisinya sudah rusak parah, menurutnya akan diperbaiki terlebih dahulu.

“Untuk ruang kelas yang kondisinya sudah tidak memungkinkan akan diperbaiki dulu, setelah itu pindah ke kelas yang lain,” katanya.

Baca juga: Mendikbud Minta Pemkab Bekasi Segera Perbaiki SDN Samudrajaya 04

Sedangkan, untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa agar tidak terganggu lantaran gedungnya sedang diperbiki, Eka mengatakan akan menggunakan system shift.

“Nanti kita selesaikan, misalkan dua kelas dulu, anak-anak bisa menggunakan ruang kelas yang lain,” kata Eka.

Lebih jauh Eka menjelaskan, perencanaan pembangunan mestinya harus tepat sasaran jangan sampai kita terus membangun, sementara di sisi lain banyak bangunan yangg memang usianya sudah tua malah tertinggal.

Ke depan, tambah Eka, Pemkab Bekasi akan fokus dan memprioritaskan pembangunan sekolah-sekolah yang memang kondisinya sudah tidak memungkinkan dan tidak layak untuk kegiatan belajar mengajar.

“Seperti sekolah ini (Samudrajaya 04, red) yang sudah tua ini, yang sejak tahun 1980-an belum diperbaiki, yang sudah tertinggal,” demikian Eka Supria Atmaja.

Baca juga: Pemkab Bekasi Janji Rehab Total SDN Samudrajaya 04 Tahun Ini

Dari pantauan suarabekasi.id di lokasi SDN Samudrajaya 04, tampak Bupati Bekasi berkesempatan berbicara dan berdialog dengan sebagian siswa.

Bupati pun sempat mengatakan jika persiapan perbaikan ruang kelas yang rusak pada sekolah tersebut akan dimulai pada Kamis (06/2/2020) minggu ini, oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi. [MAN]

Tinggalkan Balasan