Yuddi Chrisnandi
PIDATO: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Yuddi Chrisnandi, saat menyampaikan pidato di hadapan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi, di Cikarang Pusat, Jumat (13/3/2015). Foto: DIKA/SUARA BEKASI

SUARA BEKASI, Cikarang Pusat: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Yuddy Chrisnandi, ?mengapresiasi terhadap proses open bidding (lelang jabatan) yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi terhadap enam jabatan kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Open bidding itu bagus sekali. Artinya? upaya mendapatkan aparatur sipil yang berkualitas yang memiliki keunggulan kompetitif,” ujar Yuddy saat diwawancarai sejumlah awak media, usai sidak ke kantor Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Kabupaten Bekasi, Jumat (13/3/2015).

Menurutnya, melalui proses open bidding diharapkan akan memunculkan orang-orang yang telah memenuhi persyaratan dan keahlian yang diharapkan pemimpin setempat, dalam mencari sosok Kepala Dinas yang mumpuni dalam menjalankan tugas yang diberikan.

Dalam proses open bidding, kata dia, pastinya ada panitian yang bertugas menseleksi orang-orang yang telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Selanjutnya, proses open bidding akan memunculkan orang-orang yang terbaik dari pada ditunjuk langsung.

Kalau melalui seleksi, pastinya akan membaca rekam jejak dan wawancaranya, sehingga untuk menduduki suatu jabatan tidak meloncat-loncat dan merupakan suatu amanat dari Undang Undang (UU) Aparatur Sipil Negara (ASN).

Open bidding akan memunculkan orang terbaik yang telah memenuhi persyaratan, ketimbang ditunjuk langsung. Karena dalam open bidding melalui tahapan yang harus ditempuh para peserta yang sudah memenuhi persyaratan yang sudah diatur dalam UU Sipil Negara,” paparnya.

Masih menurut Yuddy, apa yang dilakukan Pemkab Bekasi dalam menyelenggarakan open bidding sangat diapresiasi oleh Pemerintah Pusat.

Hal itu, sambung Yudy, lantaran baru ada sebagian kecil proses open bidding yang dilaksanakan oleh daerah-daerah yang ada di Indonesia. Dengan adanya open bidding diharapkan dapat meningkatkan tata kelola pemerintahan.

“Jadi, apapun yang sedang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam mendapatkan orang-orang berkualitas sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dalam UU ASN sepertinya akan kita dukung,” pungkasnya.

Diketahui, enam jabatan yang dilelang oleh Pemkab Bekasi melalui proses open bidding, yaitu Kepala Dinas Bina Marga Pengelolaan Sumber Daya Air (DBMPSDA), Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan(DPPK), Dinas Komunikasi dan Informatika, Badan Arsip dan Perpustakaan, serta Inspekrorat. [DIK]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here