Nelayan
NELAYAN BABELAN: Warga Babelan berharap kepada Pemerintah Daerah agar dibuatkan pasar ikan atau tempat pelelangan ikan di Desa Muara Bakti, tepatnya di sekitar kali CBL. Hal itu untuk mempermudah warga dan juga nelayan Babelan. FOTO: HERRY ZAINUL KHUSNI/SUARA BEKASI

SUARA BEKASI, Babelan: Masyarakat Kecamatan Babelan minta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) agar segera dibuatkan pasar ikan di wilayah Desa Muara Bakti, tepatnya di sekitar kali Cikarang Bekasi Laut (CBL). Dipilihnya tempat tersebut lantaran mudah dijangkau oleh masyarakat.

Seperti yang diutarakan salah satu warga Babelan bernama Murni (30). Menurutnya, keluarga besarnya gemar makan ikan dan kalau membeli ikan ke pasar hanya beberapa jenis saja.

Dirinya sangat menyayangkan gedung pelelangan ikan yang menjadi dambaan masyarakat yang beberapa tahun lalu dibangun tidak dapat difungsikan.

“Kalau di pasar ikannya paling itu-itu aja. Kalau ada pelelangan ikan di Babelan semua jenis ikan laut pasti ada,” tutur Murni kepada Suara Bekasi, di Babelan, Rabu, 11 Februari 2015.

Dirinya meminta kepada Pemerintah Daerah dapat segera menyediakan tempat pelelangan ikan. Selama ini, kata dia, warga Babelan membeli ikan segar ke PPI Muara Tawar yang berada di Kecamatan Tarumajaya.

“Selama ini suami saya beli ikan segar ke Muara Tawar Tarumajaya, karena di Babelan tidak tersedia tempat pelelangan ikan,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Suriyat, mengatakan bahwa permintaan masyarakat Babelan akan dibicarakan ke Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi.

“Kami akan sounding ke Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi untuk membicarakan masalah ini,” kata pria yang juga putra Babelan.

Menurut politisi PDI Perjuangan itu, jika permintaan masyarakat untuk dibuatkan pasar ikan ini dapat terealisasi, sejatinya dapat menambah pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Bekasi dari sektor kelautan.

Kan ini dapat menambah PAD Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Dia menambahkan, selama ini hasil dari nelayan kita ketika menjual ikan tidak jelas, sehingga PAD Kabupaten Bekasi tidak dapat terserap dengan baik.

Selain itu, kata dia, mengkonsumsi ikan juga dapat menambah gizi masyarakat khususnya masyarakat utara Kabupaten Bekasi.

“Kami dapat pastikan ketika program ini berjalan, masyarakat utara Kabupaten Bekasi pasti akan gemar makan ikan, serta dapat mengurangi angka pengangguran,” tukasnya. [HER]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here