Apdesi, BPMPD, Akomodatif, Berintegritas
Mantan Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Bekasi, Komarudin Ambarawa. FOTO: DIKA/SUARA BEKASI

SUARA BEKASI, Tarumajaya: Kekosongan jabatan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bekasi, yang ditinggalkan Abdullah Karim setelah dimutasi sebagai Kepala Dinas Usaha Kecil Menengah dan Koperasi, diharapkan dapat segera diisi oleh pejabat yang lebih berkompeten dalam persoalan pemerintahan desa.

Hal itu dikemukakan mantan Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Bekasi, Komarudin Ambarawa.

“Paling tidak ?nantinya Kepala BPMPD yang baru punya integritas dan komitmen dalam mensinergikan Kepala Desa atas programnya,” ujar Komarudin Ambarawa, saat berbincang dengan Suara Bekasi, usai pemilihan Ketua Apdesi untuk periode lima tahun ke depan, di Transera WaterPark, Kota Harapan Indah, Desa Pusaka Rakyat, Kecamatan Tarumajaya, Sabtu (24/01) sore.

Menurut Ambarawa, panggilan akrabnya, siapa pun nanti yang menjabat sebagai Kepala BPMPD Kabupaten Bekasi sekiranya memiliki integritas dan dapat mensinergikan Kepala Desa terkait program-programnya.

Dibeberkannya, kosongnya jabatan Kepala BPMPD seharusnya jangan terlalu lama dibiarkan. Meski kewenangannya di tangan Bupati Bekasi, namun menurutnya, setidaknya harus ada langkah cepat mengisi kekosongan kursi Kepala BPMPD yang ditinggalkan pejabat lama.

Kepala BPMPD yang baru, kata dia, paling tidak diisi oleh figur yang lebih akomodatif dan memiliki integritas serta komitmen yang kuat untuk bersinergi.

Lebih jauh Ambarawa mengatakan, harapan dari seluruh Kepala Desa yang ada di Kabupaten Bekasi terhadap Kepala BPMPD yang baru, setidaknya memiliki figur yang bisa memahami dan memberikan pengarahan kepada Kepala Desa.

Pemberian arahan tersebut, kata dia, di antaranya dalam membangun desa yang mandiri, desa yang berkekuatan pangan serta desa yang tertib dalam penyusunan administrasi.

“Kepala BPMPD yang baru harus memiliki figur yang akomodatif, berintegritas dan komitmen dalam membangun pemerintahan desa yang ada di Kabupaten Bekasi,” kata pria yang menjabat sebagai Kepala Desa Karangbaru kecamatan Cikarang Utara ini.

Masih menurut Ambarawa, dalam waktu dekat seusai pelantikan ketua dan pengurus Apdesi Kabupaten Bekasi yang baru, dirinya akan melakukan audiensi kepada Bupati Bekasi untuk memberikan masukan atas kekosongan jabatan Kepala BPMPD yang tengah dilelang.

Meski tidak punya kewenangan penuh untuk menentukan siapa yang akan duduk sebagai Kepala BPMPD, Ambarawa berharap semua yang menjadi harapan dan keinginan para Kepala Desa dalam membangun desa yang maju dapat didukung langsung oleh Kepala BPMPD yang baru.

“Dalam waktu dekat, saya sebagai Pembina Apdesi beserta ketua terpilih dan pengurus akan menemui Bupati Bekasi untuk beraudiensi soal sosok Kepala BPMPD Kabupaten Bekasi yang tengah dilelang,” pungkasnya. [DIK]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here