Manchester City vs West Bromwich Albion 3-0
Manchester City Kalahkan West Bromwich Albion 3-0 Etihad Stadium. (Foto: Reuters)

MANCHESTER, Manchester City berpesta di Etihad Stadium usai mengalahkan West Bromwich Albion (WBA) dengan skor 3-0 dalam lanjutan Premier League matchday ke-30, Sabtu (21/3/2015).

Gol-gol mereka disumbangkan Wilfried Bony, Fernando, dan David Silva. Dengan kemenangan ini, mereka menempel Chelsea yang berada di puncak klasemen sementara Premier League dengan selisih tiga poin.

Namun, The Blues memiliki dua pertandingan yang belum dimainkan dan baru akan memainkan laganya saat bertandang ke markas Hull City, Minggu 22 Maret 2015 malam WIB.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Tiga poin jadi target utama Manchester City di pertandingan kali ini guna terus menempel Chelsea di puncak klasemen Premier League. Tekanan yang diberikan City dari awal laga membuat tim tamu agak panik.

Pertandingan baru berjalan dua menit, West Bromwich Albion harus bermain dengan 10 pemain setelah Gareth McAuley mendapat kartu merah. Wasit Neil Swarbrick melakukan kesalahan, sejatinya Craig Dawson yang menjatuhkan Wilfried Bony bukannya McAuley.

Memiliki jumlah pemain lebih banyak, membuat tim asuhan Manuel Pellegrini bermain lebih tenang. Benar saja, di menit 27, memanfaatkan tendangan memantul yang dilepaskan Fernando, Bony menyambarnya bola dengan tenang . Skor sementara 1-0.

City begitu mendominasi jalannya laga. Tak hanya menguasai bola, beberapa peluang matang berhasil mereka ciptakan, namun hasilnya baru terlihat di penghujung babak pertama.

Memanfaatkan sepak pojok dan sempat terjadi kerumunan di muka gawang WBA, Fernando yang membuat assist bagi gol pertama City mencetak gol lewat tendangan mendatar ke sisi gawang Boaz Myhill dan skor berubah menjadi 2-0.

WBA benar-benar tidak berkutik di laga kali ini dan skor 2-0 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama.

Babak Kedua

Unggul dua gol di babak pertama, rupanya membuat kepercayaan diri David Silva dkk meningkat drastis. Umpan-umpan pendek yang menjadi ciri khas mereka ditonjolkan di laga kali ini. Bony dan Aguero berturut-turut membuat peluang matang, namun sayang tendangannya masih dapat diblok Myhill.

Tim tamu yang kalah jumlah pemain kesulitan mengembangkan permainan, itu yang membuat pelatih WBA, Tony Pulis, terlihat frustrasi di pinggir lapangan. Rasa frustrasi itulah yang coba dimanfaatkan Manchester Biru.

Mereka memasukkan Stevan Jovetic guna menggantikan Frank Lampard yang menjalani pertandingan ke-1000 dalam karier sepakbolanya. Benar saja, masuknya Jovetic membuat City semakin menjadi-jadi.

Gol! David Silva mencetak gol ketiga bagi City usai membelokkan bola yang dilepaskan Jovetic di menit 77. Skor berubah menjadi 3-0 dan membuat tuan rumah semakin di atas angin dan seakan-akan tiga poin sudah hampir pasti mereka rebut.

Guna menyeimbangkan lini tengah, James Milner dimasukkan untuk mengganti David Silva di sembilan menit terakhir. Milner membuat permainan City lebih hidup, namun tak ada gol tambahan hingga akhir laga dan skor 3-0 bertahan hingga wasit Neil Swarbrick meniup peluit panjang tanda beakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain :

Manchester City : 1. J. Hart, 4. V. Kompany, 22. G. Clichy, 5. P. Zabaleta, 20. E. Mangala, 18. F. Lampard (S. Jovetic 65), 21. D. Silva (J. Milner 81), 15. J. Navas, 6. Fernando, 14. W. Bony, 16. S. Aguero.

West Bromwich Albion : 13. G. Myhill, 3. J. Olsson, 6. J. Lescott, 4. C. Baird, 23. G. McAuley, 25. C. Dawson, 29. S. Sessegnon, 8. C. Gardner, 7. J. Morisson, 24. D. Fletcher, 18. S. Berahino. [ADH/OKE]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here