Madrasah Mambaul Ulum
Pengunjung Museum Madrasah Mambaul Ulum melihat-lihat koleksi yang dipamerkan. Madrasah ini melahirkan banyak tokoh bangsa. (Foto: istimewa)

SOLO – Madrasah Mambaul ‘Ulum (MU) Surakarta yang didirikan pada masa pemerintahan Pakubuwono X telah melahirkan sejumlah tokoh besar.

Dari madrasah yang didirikan pada 1905 ini lahir ulama dan tokoh besar seperti KH R Moh. Adnan (tokoh NU dari Solo), Saifuddin Zuhri, Kyai Ali Darokah, Munawir Sadzali (mantan menteri agama RI) dan Prof Dr Baiquni (Bapak Atom/Nuklir Indonesia).

Kini sekolah tersebut sudah berganti nama menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) II Solo. Pengelolanya pun mendirikan museum khusus pendidikan Islam.

Museum ini memajang foto-foto para tokoh muslim Indonesia. Koleksinya juga termasuk ijazah asli terbitan tahun 1877 yang masih bertuliskan huruf Jawa serta ijazah tahun 1935 berbahasa Belanda dan Indonesia.

Di museum ini kita juga bisa melihat berbagai buku kuno, kursi tempat duduk siswa, kursi jangkung tempat duduk guru hingga buku catatan siswa. Barang-barang yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar di Madrasah Mambaul ‘Ulum juga masih tersimpan rapi di museum tersebut.

Kepala MAN II, Agus Hadi Susanto, menjelaskan, Museum Madrasah Mambaul Ulum merupakan bagian dari sejarah dan untuk memperingati seabad berdirinya sekolah yang dirintis era PB X.

“Tujuannya untuk memberikan apresiasi terhadap pendidikan Islam di lingkungan keraton yang telah berusia seabad dan dirancang sebagai pusat kajian pendidikan Islam,” jelasnya kepada wartawan di Solo Jawa Tengah.

Menurut Agus, museum ini didirikan guna memberikan pengetahuan kepada generasi muda bahwa sekolah tersebut pernah melahirkan para tokoh besar, pemimpin bangsa Indonesia.

Wakil Kakanwil Depag Jateng, Muslim Umar, menyebutkan, Madrasah Mambaul Ulum sudah mencetak tokoh yang berkualitas. Bahkan sekolah ini mampu mengantarkan tiga lulusannya untuk menjabat sebagai Menteri Agama Republik Indonesia yaitu KH Masykur, KH Syaifuddin Zuhri dan Dr. Munawir Syadzali.

“Bahkan Amien Rais dan ahli atom Pro. Dr. Baiquni juga alumni Mambaul Ulum,” pungkasnya. [MAN/OKE]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here