Juventus, Liga Champions
Satu kaki Juventus di semifinal (Foto: Reuters)

TURIN – Satu kaki Juventus telah berada di semifinal Liga Champions usai berhasil menang dari tamunya, AS Monaco dalam leg pertama perempatfinal, Rabu (15/4/2015) dini hari WIB. Gol semata wayang Arturo Vidal membuat seisi Juventus Stadium bergemuruh melalui eksekusi penalti kerasnya.

Dengan hasil ini, Bianconeri hanya membutuhkan hasil seri saat mereka bertamu di kandang Monaco enam hari berselang. Bahkan berkaca dari 90 menit di Juventus Stadium, ada kans si Nyonya Tua mencuri gol tandang.

Jalannya pertandingan

Babak pertama

Kick off di Juventus Stadium, tuan rumah langsung menekan dan coba menguasai pertandingan sejak menit pertama. Peluang pertama didapat Bianconeri pada menit lima. Andrea Pirlo melepaskan umpan terukur ke Alvaro Morata yang berdiri bebas, namun sambarannya dari jarak dekat masih melambung.

Begitu juga dengan upaya Tevez dari luar kotak penalti dua menit berselang. Kiper Danijel Subasic masih mampu membaca arah datangnya bola. Dua menit selanjutnya, giliran tim tamu mengancam dari Layvin Kurzawa yang melambung tipis.

Tempo tinggi tersaji di Turin hingga 15 menit berjalan pada babak pertama. Carassco membuat sibuk Buffon dalam dua kesempatan. Dua tendangan kerasnya masih bisa diantisipasi dengan baik oleh kiper veteran tersebut.

Tim arahan Massimiliano Allegri semakin mengurung pertahanan tim tamu, setidaknya hingga babak pertama berjalan 25 menit. Namun disiplinnya pemain Monaco menjaga barisan pertahanan membuat Juve memerlukan ide-ide cemerlang guna merangsek ke jantung pertahanan lawan.

Babak pertama menyisakan 10 menit dan belum ada gol yang tercipta di Juventus Stadium. Meski bola bergulir cepat di lapangan, namun kedua tim sama-sama kesulitan menciptakan peluang. Sejauh ini ancaman diberikan melalui tendangan spekulasi saja.

Peluang matang didapat Juve satu menit jelang turun minum. Umpan cantik nan akurat dilepaskan Tevez mengarah ke Vidal yang berlari menerobos pertahanan Monaco. First touch gelandang Cile itu bagus, namun saat melepaskan tendangan, dirinya tidak mampu mengarahkan dengan baik. Aksi tersebut menjadi yang terakhir sebelum wasit meniup peluit panjang.

Sementara masih tanpa gol di Juventus Stadium, meski kedua tim tampil dengan memperagakan bola-bola cepat. Allegri harus mencari cara untuk dapat menarik keluar dua bek sentral Monaco. Morata yang ditempatkan sebagai pengganggu belum bekerja maksimal.

Babak kedua

Paruh kedua dimulai! Juve masih ngotot mencari gol pembuka di laga ini. Satu percobaan jarak jauh dilepaskan Vidal, namun sepakannya mengarah tepat ke posisi Subasic berdiri. Begitu juga sepakan pojok berbahaya dari Roberto Pereyra yang hanya lewat di kotak penalti Monaco.

Serangan balik berbahaya dari Monaco pada menit 54. Pertahanan Juve yang terbuka dimanfaatkan dengan baik oleh dua penyerang wakil Ligue 1 itu. Bernardo Silva yang masuk menggantikan Dirar berhasil berhadapan satu lawan satu dengan Buffon. Namun kapten tuan rumah masih dapat mengantisipasinya.

Penalti! Wasit Pavel Kralovec menunjuk titik putih setelah Alvaro Morata dijatuhkan oleh Ricardo Carvalho. Vidal maju sebagai eksekutor dan gol! Bola di arahkan ke pojok atas yang tak mampu dibaca oleh Subasic. 1-0 untuk Juventus.

Guna mencuri gol tandang, Leonardo Jardim menambah striker. Pelatih asal Portugal itu memainkan Dimitar Berbatov dengan menarik keluar bek tengah asal Italia, Andrea Raggi pada menit 70. Baru satu menit bermain, mantan striker Manchester United itu sudah mengancam dengan tandukannya. Sayang bola masih melambung.

Giliran Juve yang melakukan pergantian pemain. Tahu tim tamu mulai keluar menekan, Allegri memasukkan satu tenaga di lini pertahanan dengan Andrea Barzagli. Andrea Pirlo yang harus dikorbankan kali ini.

Laga menyisakan 10 menit di Juventus Stadium. Jika hasil ini bertahan hingga peluit panjang berbunyi, maka satu kaki Bianconeri berada di semifinal. Mereka tinggal bermain imbang di kandang Monaco, atau mencuri gol tandang di sana.

Tiga menit waktu tambahan diberikan ofisial wasit yang bertugas. Meski pertahanan Juve sangat rapih, namun peran Buffon patut dipuji dengan kesigapannya menghalau segala bola yang mengancam gawang tuan rumah. Peluit panjang terdengar dan menjadi tanda berakhirnya leg pertama antara Juventus dan Monaco dengan skor akhir 1-0 untuk tuan rumah.

Susunan pemain

Juventus: Gianluigi Buffon; Stephane Lichtsteiner, Leonard Bonucci, Giorgio Chiellini, Patrice Evra; Arturo Vidal, Andrea Pirlo (Barzagli 74’), Claudio Marchisio, Alberto Pereyra (Sturaro 87’); Carlos Tevez, Alvaro Morata (Matri 82’).

Monaco: Danijel Subasic; Andrea Raggi (Berbatov 70’), Ricardo Carvalho, Aymen Abdennour, Layvin Kurzawa; Fabinho, Joao Moutinho, Goeffrey Kondogbia, Yannick Carrasco, Nabil Dirar (Silva 50’); Anthony Martial (Mathieus 87’).

[FMH/OKE]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here