Liga Champions, Real Madrid, Athletico Madrid
El Derbi Madrileno berakhir 0-0 di leg pertama perempatfinal Liga Champions (Foto: Reuters)

MADRID – El Derbi Madrileno berjalan panas dan seru di Vicente Calderon selama 90 menit pertandingan, namun kedua tim mengakhirinya dengan antiklimaks setelah tak ada gol yang tercipta. Baik Real Madrid ataupun Atletico Madrid tak mampu mengkonversi peluang menjadi gol di leg pertama perempatfinal Liga Champions, Rabu (15/4/2015) dini hari WIB.

Babak Pertama

Madrid yang musim ini kesulitan menghadapi Atletico, penasaran ingin mengalahkan mereka. Carlo Ancelotti pun memiliki skuad terbaiknya, ia menurunkan trio BBC (Gareth Bale, Karim Benzema, dan Cristiano Ronaldo) di depan.

Di tengah ia memainkan Luka Modric, James Rodriguez dan Toni Kroos. Satu-satunya pemain yang biasa bermain namun cedera, yakni Pepe dan Ancelotti memainkan Raphael Varane sebagai penggantinya. Sementara Diego Simeone menurunkan penyerang terbaiknya, Mario Mandzukic bersama Antoine Griezmann.

Meski bermain di Vicente Calderon, justru Madrid yang mengancam terlebih dahulu saat laga berusia dua menit. Daniel Carvajal yang maju ke depan membantu serangan tim, membuat Jan Oblak melakukan penyelamatan pertamanya dengan menangkap bola yang datang.

Semenit berselang, Madrid kembali mengancam saat Bale berlari bebas dari kawalan bek Atletico. Berhadapan satu lawan satu dengan Oblak, Bale gagal mengkonversinya menjadi gol setelah eks kiper Benfica itu menepisnya.

Atletico belum mampu keluar dari tekanan tinggi serta serangan yang dibangun para pemain El Real. Atletico hingga 10 menit waktu babak pertama berjalan, hanya menunggu dan melakukan serangan balik.

Pertandingan terus berjalan dengan intensitas tinggi hingga menit menunjukkan angka 25. Duet bek andalan Atletico, Miranda dan Diego Godin menggalang pertahanan dengan baik sejauh ini. Pun begitu dengan Varane dan Sergio Ramos.

Bale! Kembali Atletico harus berterimakasih kepada kipernya, Oblak di menit 31 ini. Pasalnya Bale kembali mengancam via sepakan jarak jauhnya, namun sekali lagi Oblak menepis sepakan mantan pemain Tottenham Hotspur itu.

Oblak kembali menunjukkan kapasitasnya tak kalah hebat dari Miguel Angel Moya yang cedera. Kembali ia menepis peluang Madrid di menit 36, James menendang bola dengan bagian luar kaki kirinya melengkung ke kiri gawang Atletico.

Iker Casillas yang sejak awal laga tanpa penyelamatan, akhirnya beraksi saat menangkap tendangan Griezmann semenit berselang dari peluang James. Kesalahan Ramos nyaris berbuah malapetaka bagi tim, saat ia gagal mengoper bola kepada rekannya dengan baik.

Serangan balik kilat Madrid yang diperlihatkan musim lalu, nyaris berbuah gol di menit 42. Namun sekali lagi, Oblak tampil gemilang dan mengamankan gawangnya dari sepakan kaki kiri James.

Pertandingan berintensitas tinggi ini pun berakhir di babak pertama, dengan kedudukan 0-0, kedua tim masih kesulitan mengonversi peluang menjadi gol.

Babak Kedua

Atletico ganti coba mengontrol bola di awal babak kedua ini. Baru berjalan hingga menit 51, tensi pertandingan yang sudah panas di babak pertama kian memanas. Wajah Mandzukic berdarah kala berduel dengan Ramos, dan bomber Kroasia itu mengklaim Ramos menggunakan sikunya. Wasit Milorad Mazic namun tak mengindahkannya.

Pertahanan Atletico masih teruji tangguh hingga laga berjalan 68 menit. Tim tuan rumah juga masih terlihat sulit mengembangkan permainan, mesin lini tengah Madrid bekerja baik mengontrol permainan.

Buntu dan terlihat sulit menembus garis ketiga Atletico, Ancelotti pun memasukkan Isco Alarcon di menit 76 menggantikan penyerang, Benzema. Masuknya Isco yang memiliki gaya bermain playmaker, diharapkan Ancelotti dapat memberikan solusi.

Pun begitu dari sisi Atletico. Simeone menggantikan Griezmann dengan Raul Garcia untuk bergerak di belakang Mandzukic pada menit 77. Garcia dapat memberikan opsi pemain yang handal dalam bola udara, sepakan jarak jauh dan kerapkali muncul dari lini kedua.

Simeone ingin timnya unggul dan tak bermain imbang 0-0, ia memasukkan pemain kesayangan fans Atletico, Fernando Torres di menit 83. Eks AC Milan itu menggantikan Arda Turan dan kecepatannya diharapkan dapat diandalkan saat melakukan serangan balik.

Dua pemain dipastikan tak bermain di leg kedua yang berlangsung di Santiago Bernabeu. Dari Atletico, Mario Suarez takkan bermain. Sementara Madrid tanpa Marcelo di leg kedua, pemain-pemain tersebut terkena akumulasi kartu dan mendapatkan kartu kuning di pertandingan ini.

Pertandingan konsisten berjalan dengan intensitas dan tensi yang tinggi, dengan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi. Namun kedua tim tak mampu merobek gawang lawannya masing-masing hingga akhir laga, dan skor berakhir kacamata alias 0-0.

Susunan Pemain:

Atletico Madrid (4-4-1-1): Jan Oblak, Guilherme Siqueira, Diego Godin, Miranda, Juanfran, Koke Resurrecion, Gabi Fernandez, Mario Suarez, Arda Turan (Fernando Torres 83’), Antoine Griezmann (Raul Garcia 76’), Mario Mandzukic

Real Madrid (4-3-3): Iker Casillas, Daniel Carvajal (Alvaro Arbeloa 85’), Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo, Luka Modric, Toni Kroos, James Rodriguez, Gareth Bale, Karim Benzema (Isco Alarcon 75’), Cristiano Ronaldo

[FMH/OKE]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here