Beranda Berita Utama Lawan Korupsi Sejak Dini, Pemkab Bekasi & Kejari Buat Kantin Kejujuran

Lawan Korupsi Sejak Dini, Pemkab Bekasi & Kejari Buat Kantin Kejujuran

0
Fose bersama unsur Muspida Kabupaten Bekasi usai meresmikan Kantin Kejujuran SMP Negeri 4 Cikarang Utara, Kamis (12/12/2019). Foto: Humaspro.

SUARA BEKASI ONLINE, Cikarang Utara: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi Jawa Barat dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bekasi meresmikan Kantin Kejujuran SMP Negeri 4 Cikarang Utara, Kamis (12/12/2019).

Peresmian Kantin tersebut untuk memperingati Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) Tahun 2019 yang jatuh pada 9 Desember 2019 lalu.

Kegiatan tersebut pun sebagai upaya menumbuhkembangkan semangat anti korupsi melalui kejujuran dan keikhlasan dalam transaksi.

Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteran Rakyat (Asda1) Juhandi, yang mewakili Bupati Bekasi, mengatakan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan peresmian kantin kejujuran tersebut.

“Ini merupakan program untuk kita ke depan dalam rangka pembinaan karakter usia dini, sehingga karakter tersebut akan terbentuk baik,” kata Juhandi kepada wartawan, di Cikarang, Kamis (12/12/2019).

Baca juga: Baru Menjabat, Ini Program Prioritas Kajari Kabupaten Bekasi

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bekasi, Raden Rara Mahayu Dian Suryandari, berharap dengan adanya Kantin Kejujuran dapat membiasakan pelajar memiliki sifat jujur.

“Dengan diadakannya Kantin Kejujuran ini, semoga dapat menumbuhkan bibit-bibit kejujuran pada generasi milenial khususnya pelajar,” imbuh Kajari.

Lebih lanjut Mahayu mengatakan, Kantin Kejujuran merupakan salah satu program yang dijalankan oleh Kejaksaan Negeri melalui momentum semangat peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) Tahun 2019.

Menurutnya, Kajari Kabupaten Bekasi bekerjasama dengan SMPN 4 Cikarang Utara mendirikan Kantin Kejujuran dengan sasaran kegiatan yakni pelajar yang merupakan generasi milenial dan generasi di masa depan.

Tidak hanya SMPN 4 Cikarang Utara yang terpilih sebagai perintis maupun percontohan, menurutnya, ada beberapa SMPN lain yang terpilih yakni SMPN 1 Cikarang Timur, SMPN 1 Cikarang Selatan, SMPN 1 Tambun Selatan, dan SMPN 1 Babelan.

”Ini bisa menjadi contoh, untuk sekolah-sekolah yang lain, serta instansi maupun masyarakat sendiri agar lebih mengenal arti kejujuran. Sehingga kita semua dapat menjadi generasi anti korupsi, serta takut akan melakukan korupsi itu sendiri nantinya,” terang Mahayu.

Baca juga: Kajari Kabupaten Bekasi: Mari Saling Jaga dan Saling Mengingatkan

Dalam kesempatan yang sama, Kepala SMPN 4 Cikarang Utara, Samingan, menjelaskan dengan adanya Kantin Kejujuran di SMPN 4, bertujuan untuk melatih kejujuran siswa-siswi sekolah.

Di Kantin Kejujuran ini, kata dia, pembeli dapat langsung mengambil sendiri barang yang dibutuhkan, mencatat pembelian, membayarkan dan mengambil sendiri uang kembalian dari hasil pembelanjaannya.

“Sehingga dengan membiasakan bersifat jujur mulai dari hal-hal yang kecil maka akan menciptakan sifat anti korupsi di dalam jiwa para pelajar,” ungkapnya.

Pada akhir acara, Kajari Kabupaten Bekasi bersama Asda 1 Juhandi, Kepala SMPN 4 Cikarang Utara, serta unsur Muspida lainnya meninjau langsung Kantin Kejujuran serta membuka secara simbolis tirai bilik moral anti korupsi tersebut. [RYN]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini