Bendung CBL
BENDUNG CBL: Puluhan Kepala Desa di Kabupaten Bekasi dibantu jajaran Kodim 0509, ramai-ramai bendung saluran yang menuju Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL). Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi dampak krisis air yang melanda 9.600 hektar lahan pertanian. FOTO: K. SUPARDI/SUARA BEKASI

SUARA BEKASI, Cikarang Utara: Lantaran ribuan hektar lahan pertanian dilanda kekeringan berkepanjangan, warga 18 desa dari enam kecamatan di Kabupaten Bekasi ramai-ramai perbaiki saluran pembuang yang mempertemukan Kali Cikarang dengan Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL).

“Kami seluruh Kepala Desa dibantu jajaran Kodim 0509 berusaha menyelamatkan tanaman padi dari kekeringan. Oleh karenanya segala cara kami akan lakukan, termasuk menormalisasi Kali CBL ini,” ujar Ketua Panitia, Marjaya SE, saat berbincang dengan Suara Bekasi, Sabtu (18/4/2015).

Ia menuturkan, salah satu upaya yang dilakukan pihaknya untuk mengantisipasi krisis air dan dampak kekeringan pada 9.600 hektar sawah di 18 desa tersebut, adalah dengan membendung sementara saluran yang menuju Kali CBL.

Tak hanya itu, permukaan kali yang menuju ke Kali Cikarang pun dinormalisasi agar air dari hulu hingga hilir mudah dan cepat mengalir.

Menurutnya, kegiatan normalisasi Kali CBL tersebut atas inisiatif dan keprihatinan warga. Begitu juga dengan dana yang digunakan murni dari hasil swadaya masyarakat.

“Untuk kegiatan normalisasi Kali CBL ini murni dari dana swadaya masyarakat. Kami mengambil alat berat dari PJT Bekasi,” ujar pria yang juga menjabat Sekretaris Desa Sukakerta Kecamatan Sukawangi ini.

Masih kata Marjaya, pihaknya menyewa alat berat selama tujuh hari kerja terhitung mulai tanggal 14 hingga 22 April 2015.

Pihaknya berharap, dengan tenggat waktu yang ada, kegiatan normalisasi Kali CBL dan Kali Cikarang segera dapat diselesaikan.

Sehingga para petani di enam wilayah kecamatan tersebut dapat bercocok tanam dan menikmati hasil panen mereka.

“Ya mudah-mudahan saja ini menjadi harapan besar bagi para petani,” imbuhnya.

Diketahui, 18 desa yang lahan pertaniannya dilanda kekeringan yakni Desa Sukakerta, Sukawangi, Sukabudi, Sukadaya, Sukaringin, Sukamulya, Sukadarma, Sukakarya, Sukamurni, Sukaindah, Sukamantri, Sukabakti, Sukawijaya, Jayabakti, Sindangsari, Sindangjaya, dan Desa Pantai Harapan Jaya. [MAN]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here