Beranda Berita Utama Komisi III DPR: Tim Sembilan Jangan Memihak

Komisi III DPR: Tim Sembilan Jangan Memihak

0
Basmi Korupsi
Basmi korupsi, KPK dan Polisi harus kompak, jujur, adil dan tegas. FOTO: OKE

SUARA BEKASI, Jakarta: Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo meminta Tim Sembilan tidak terseret arus kepentingan kelompok, terkait kasus penetapan tersangka Komjen Pol Budi Gunawan (BG) dan Wakil Ketua KPK Bambang Wijoyanto (BW).

“Tim Independen harus konsisten menjaga independensinya, agar tidak terseret arus kepentingan itu,” ujar Bambang, Kamis (29/1/2015).

Tim Sembilan, lanjutnya, harus fokus kepada pengumpulan data dan fakta kedua kasus itu, serta cermat mempelajari data dan fakta-fakta perseteruan KPK dan Polri.

“Tim Independen diharapkan proporsional, dan jernih saat merumuskan masukan atau rekomendasi untuk presiden,” lanjut Politikus Partai Golkar itu.

Selain itu, dia juga menegaskan, anggota Tim Independent menahan diri untuk tidak membuat pernyataan-pernyataan yang memihak.

“Itu bisa memperkeruh suasana. Di tengah kemelut yang melanda Polri dan KPK, esensi kebijakan presiden adalah menjaga kehormatan dan wibawa institusi Polri dan KPK,” tegasnya.

Negara butuh Polri dan KPK yang solid, baik ke dalam maupun ke luar. Namun, Presiden tidak mungkin menempuh kebijakan, atau langkah yang akan meruntuhkan moral seluruh satuan kerja di tubuh Polri maupun semua satuan kerja di tubuh KPK.

“Esensi kebijakan Presiden inilah yang seharusnya menjadi landasan kerja Tim Independen,” pungkasnya. [MAN/OKE]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini