Anggota Komisi I Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bekasi, DR. H. Ayub Rohadi. Foto: Istimewa.

SUARABEKASI.ID, Cikarang Pusat: Anggota Komisi I Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bekasi, Ayub Rohadi, mengatakan akan mendorong penambahan jumlah mobil keliling untuk pelayanan Disdukcapil Kabupaten Bekasi.

Pasalnya, saat ini jumlah mobil keliling pelayanan Disdukcapil belum maksimal menjangkau seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi.

“Saat ini pelayanan melalui mobil keliling dari Disdukcapil sudah ada dan berjalan, meskipun belum maskimal unit terbatas, tetapi komisi I mendorong jumlah unit untuk ditambah sehingga pelayanan dokumen warga bisa terjangkau lebih luas lagi,” ujar Ayub Rohadi, di Cikarang, Jumat (27/05/2022).

Ia menegaskan, sebagai wakil rakyat, pihaknya juga mengapresiasi terobosan yang sudah dilakukan Disdukcapil Kabupaten Bekasi dalam memberikan kemudahan pelayanan masyarakat.

Seperti pembuatan Kartu Keluarga (KK), KTP di saat pandemi covid bekerjasama dengan Kantor Pos. Sehingga masyarakat tidak harus datang ke kantor Disdukcapil untuk mengurus atau mengambil KK dan KTP.

“Masalah KK, KTP, ini ketika di puncaknya Pandemi itu langsung dikirim lewat pos kerja sama dengan Kantor Pos, masyarakat tidak datang ke Capil dan dipermudah dengan tandatangan barcode, kalau manual bisa habis waktunya,” ujarnya.

Baca juga: Eka Rombak Pejabat Disdukcapil, Minta Layanan Antar KTP/KK

Selain itu, lanjut Ayub, masyarakat bisa mencetakan kartu keluarga di mana saja dan bisa mengaksesnya langsung melalui soft copy.

Dengan begitu, kata dia, masyarakat tidak dibebani dengan pencetakan KK yang harus dilakukan di kantor Disdukcapil.

“Kemajua lain adalah aplikasi, e-KTP terbit tidak aktif bisa diaktifkan melalui melalui link dan bisa diselesaikan dan tidak susah warga jadinya. Sebab banyak e-KTP tidak aktif saat digunakan,” terangnya.

Tak hanya itu, Ayub Rohadi juga mengapresiasi langkah Disdukcapil yang membuka pelayanan publik di setiap kecamatan.

“Disdukcapil juga membuka pelayanannya di Mal Pelayanan Publik di wilayah Cikarang Utara,” pungkasnya. [TUK/KAB]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here