Kodim 0509/Kabupaten Bekasi bersama unsur TNI/Polri, perangkat daerah dan elemen masyarakat, menggelar latihan gabungan penanggulangan bencana. Foto: Diskominfosantik.

SUARABEKASI.ID, Cikarang Pusat: Kodim 0509/Kabupaten Bekasi bersama unsur TNI/Polri, perangkat daerah dan elemen masyarakat, menggelar latihan gabungan penanggulangan bencana di Situ Rawa Binong Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat, Jumat (02/12/2022).

Dandim 0509/Kabupaten Bekasi, Letkol Inf. M. Horison Ramadhan mengatakan, kegiatan tersebut untuk melatih kesiapsiagaan seluruh komponen yang ada di Kabupaten Bekasi sebagai antisipasi terjadinya bencana alam.

Horison Ramadhan menuturkan, latihan penanggulangan bencana tersebut terfokus di lima Kodim, yakni Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Depok, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.

“Latihan gladi lapang di Situ Rawa Binong ini bertujuan agar ketika terjadi bencana alam, setiap komponen mengetahui tugas dan tanggung-jawab masing-masing. Ya, kia berdoa dan berharap, mudah-mudahan tidak terjadi bencana di Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Horison menambahkan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh Koramil, untuk membuat dan memetakan wilayah bencana di Kabupaten Bekasi.

“Mereka sudah membuat peta dan sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan Polsek, dan sudah menyiapkan lokasi evakuasi apabila di wilayah tersebut terjadi bencana,” terangnya.

Dirinya berharap, kegiatan latihan gabungan dapat terus dilaksanakan, antara BPBD, TNI dan Polri dan elemen lainnya, sehingga apabila terjadi bencana alam, dapat ditanggulangi secara bersama-sama. [ADV]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here